c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

EKONOMI

16 Juni 2021

17:57 WIB

Menkop Berharap Fitur Baru IDCloudHost Dongkrak Kinerja UMKM

Hingga Mei 2021, target 30 juta UMKM onboarding baru tercapai sekitar 21%

Penulis: Yoseph Krishna

Editor: Fin Harini

Menkop Berharap Fitur Baru IDCloudHost Dongkrak Kinerja UMKM
Menkop Berharap Fitur Baru IDCloudHost Dongkrak Kinerja UMKM
Ilustrasi could. Pixabay/Dok

JAKARTA – Penyedia layanan cloud infrastructure seAsia, IDCloudHost, secara resmi meluncurkan dua fitur terbaru, yakni Server Cloud VPS serta Object Storage. Keduanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kualitas layanan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap kehadiran kedua produk terbaru itu akan memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dalam mengembangkan bisnisnya, khususnya para pelaku UMKM, web developer, hingga startup.

Selain itu, kedua produk yang menjadi pemenang UKM Award 2020 kategori menengah tersebut diharapkan juga mendorong UMKM masuk dalam ekosistem digital.

"IDCloudHost diharapkan mampu menjadi mitra strategis dalam tumbuh kembang UMKM. Saya juga berharap layanan terbaru ini dapat mendukung digitalisasi UMKM seluruh Indonesia," jelas Menteri Teten saat menghadiri peluncuran fitur terbaru tersebut di Jakarta, Rabu (16/6).

Teten menyebutkan, transformasi digital memegang peranan penting dalam pemulihan ekonomi. Karena itu, pemerintah melalui Kemenkop UKM pun membidik target 30 juta UMKM onboarding pada akhir 2024 mendatang.

Menurut Teten, peran dari IDCloudHost dalam hal itu menjadi sangat strategis karena mampu melakukan clustering platform per trade area serta memberi kebutuhan dan solusi berbeda di tiap level skala usaha.

"Sehingga lewat momen launching produk terbaru ini, diharapkan IDCloudHost bisa terus menghadirkan inovasi bagi UMKM unggulan di Indonesia," kata Teten.

Sebagai informasi, hingga Mei 2021, Indonesian E-Commerce Association (idEA) mencatatkan ada 13,7 juta pelaku UMKM yang sudah terhubung ke akses digital. angka ini baru sekitar 21% dari target 30 juta UMKM onboarding.

Sementara, data dari Kemenkop UKM menunjukkan total UMKM yang ada di Indonesia mencapai 64,1 juta unit usaha. Selain UMKM, pemerintah juga mematok target pertumbuhan startup mencapai kisaran 4.500 hingga 4.900 pada tahun 2024.

Menjawab hal itu, Founder sekaligus CEO IDCloudHost Alfian Pamungkas menerangkan fitur Server Cloud VPS dan Object Storage merupakan salah satu strategi perusahaan untuk memperluas jangkauan layanan.

Perluasan jangkauan layanan perusahaan itu, lanjut Alfian, terutama pada segmen pelaku UMKM, web developer, serta perusahaan rintisan atau startup. Kedua fitur terbaru itu pun didukung kekuatan infrastruktur, teknologi, SDM berkualitas, serta harga yang terjangkau.

"Lewat peningkatan layanan ini, kami ingin berpartisipasi dalam pertumbuhan ekosistem digital nasional dan global sehingga turut mendorong bisnis pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya," ungkap Alfian.

Secara rinci, Chief Technology Officer IDCloudHost Faisal Reza menerangkan peluncuran kedua fitur terbaru itu menjadi langkah perusahaan dalam menghadirkan layanan full cloud pertama di Indonesia yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengatur naik-turun kebutuhan server sesuai dengan pemakaian.

"Pemakaian akan terhitung dengan transparan, terukur, dan harga yang terjangkau mulai dari Rp50.000 per bulan," pungkas Faisal.

Faisal meyakini Server Cloud dan Object Storage akan memberi fleksibilitas sesuai kebutuhan pelanggan untuk menciptakan efisiensi biaya. IDCloudHost pun berkomitmen terus menghadirkan inovasi secara berkelanjutan bagi para pelaku usaha.

"Tentu agar setiap produk IDCloudHost menjadi solusi bagi setiap pelaku usaha, khususnya UMKM baik di Indonesia maupun Asia," sebut Faisal.

Sementara itu, Chief Marketing Officer IDCloudHost Muhammad Mufid Luthfi meyakini kehadiran fitur terbaru itu akan mendorong bisnis perusahan tumbuh lebih cepat mengingat masih banyaknya UMKM yang belum terhubung dengan ekosistem digital.

"Kami juga melihat ada dukungan dari pemerintah untuk perusahaan rintisan. Kami akan manfaatkan momentum ini untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan secara optimal," tegas Mufid.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER