21 November 2023
18:34 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Fin Harini
JAKARTA - Menjelang akhir tahun dan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) kali ini Tokopedia meluncurkan dua fitur baru, yaitu ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, dan ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’.
Fitur baru ‘Multiple Product Search’ atau ‘Cari Sekaligus’, ini memungkinkan masyarakat belanja online lebih hemat dari sisi waktu maupun ongkir.
Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah menjelaskan lewat fitur ini, masyarakat bisa mencari lebih dari satu produk secara bersamaan, dan mendapatkan rekomendasi pilihan toko yang menjual semua produk tersebut secara sekaligus.
“Alhasil, proses belanja online menjadi hemat waktu karena tidak perlu mencari secara manual satu per satu, dan hemat ongkir karena hanya dikenakan dari satu toko saja; bahkan bisa gratis atau bebas ongkir,” katanya dalam konfrensi pers, Selasa (21/11).
Hefrian menjelaskan, fitur ini dibuat saat tim Product menemukan bahwa ada kebutuhan dari pembeli untuk menemukan satu toko yang menjual berbagai produk yang mereka butuhkan dalam satu waktu sekaligus.
"Setelah melakukan riset dan memvalidasi kebutuhan ini, kami bersama tim Designer dan Engineer Tokopedia mulai mengembangkan fitur yang relevan," kata dia.
Cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Cari Sekaligus’ sangat mudah. Klik kolom pencarian pada halaman utama aplikasi Tokopedia versi Android maupun iOS, lalu ketik salah satu produk yang dicari, dan klik tanda di ujung kanan.
Setelah itu, pembeli bisa menambahkan hingga dua produk lain yang dibutuhkan secara bersamaan. Klik ‘Cari’ dan Tokopedia akan merekomendasi pilihan toko yang menjual berbagai produk yang dicari secara sekaligus.
Baca Juga: Tiga Kategori Produk Paling Laris di Tokopedia, Bisa Jadi Ide Cuan
Hefrian menambahkan, fitur baru ‘Buy More Save More’ atau ‘Beli Banyak Lebih Hemat’ memungkinkan masyarakat belanja online lebih terjangkau (affordable).
“Masyarakat bisa membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan diskon yang lebih besar atau keuntungan lain sesuai dengan ketentuan toko penjual. Contohnya, beli 2 diskon 10%, beli 3 diskon 20%, dan seterusnya” jelasnya.
Menurut penuturannya, fitur ini bisa membuat belanja online lebih terjangkau ini berlaku di toko penjual dengan status Power Merchant PRO dan Official Store, sesuai syarat dan ketentuan.
Dia menjelaskan, dalam proses pembuatannya, Tim Product dan Research and Development Tokopedia menemukan ada kebutuhan dari penjual untuk memberikan manfaat tambahan di setiap transaksi serta mendorong calon pembeli untuk membeli lebih banyak produk.
"Bersama tim Engineering, tim Product dan Research and Development Tokopedia, membangun fitur yang relevan, yang juga bisa memperkaya benefit bagi pembeli,” ujarnya.
Cara menggunakan fitur baru Tokopedia ‘Buy More Save More’ cukup masuk ke halaman toko penjual yang mengadakan promosi ini, lalu scroll untuk cari dan masuk ke bagian ‘Buy More Save More’ di halaman utama toko.
Setelah itu, pilih produk yang dibutuhkan. Makin banyak produk yang dipilih, maka makin besar diskon yang bisa didapatkan oleh pembeli.
Animo Belanja Online Masyarakat Tinggi
Di sisi lain, Tokopedia melihat, menjelang akhir tahun dan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) masyarakat memiliki animo belanja online yang sangat tinggi. Tokopedia mencatatkan peningkatan transaksi di berbagai kategori produk selama kuartal III 2023
"Ini tercermin dari data internal kami, antara lain peningkatan transaksi seperti Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga dan Kebutuhan Sehari-hari/Groceries seperti Makanan dan Minuman, Kesehatan serta Perawatan Tubuh," kata Associate Vice President Product Campaign and Promotions Tokopedia, Helena.
Menurutnya, masyarakat terus mengandalkan belanja online untuk mendapatkan berbagai produk yang dibutuhkan. Pada 2022, jumlah pengguna e-commerce di Indonesia meningkat 12,79%, yaitu mencapai 178,94 juta, jika dibandingkan tahun 2021 yang mencapai 158,65 juta.
"Pengguna e-commerce di Indonesia diproyeksi akan terus meningkat hingga mencapai 196,47 juta pada akhir tahun 2023," katanya.
Baca Juga: Mengenal Tokopedia Affiliate, Program Afiliasi Dari Tokopedia
Untuk terus mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam belanja online, Tokopedia juga menghadirkan kampanye WAR Diskon Tokopedia setiap hari pukul 14.00 WIB, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah.
Melalui kampanye ini, Helena mengatakan masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk dari beragam kategori dengan diskon besar-besaran.
“Promo ini turut berkontribusi dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023 (momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September 2023,” ungkap Helena.
Selain kampanye WAR Diskon Tokopedia, ada juga festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, dan Kejar Diskon yang menghadirkan berbagai produk dengan diskon spesial.
“Tokopedia di sisi lain akan terus menghadirkan berbagai inovasi dan kampanye agar masyarakat bisa belanja online lebih terjangkau demi mendukung animo masyarakat dalam pemenuhan kebutuhannya secara online,” tutup Helena.