c

Selamat

Kamis, 28 Maret 2024

EKONOMI

10 Desember 2022

15:00 WIB

Mengenal Bitcoin Halving Day Yang Terjadi 4 Tahun Sekali

Bitcoin Halving Day merupakan peristiwa empat tahun sekali di mana hadiah untuk para penambang Bitcoin akan dibagi dua setiap 210 ribu blok.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Fin Harini

Mengenal Bitcoin <i>Halving Day</i> Yang Terjadi 4 Tahun Sekali
Mengenal Bitcoin <i>Halving Day</i> Yang Terjadi 4 Tahun Sekali
Ilustrasi Bitcoin. Envanto/Dok

JAKARTA - CEO Indodax, Oscar Darmawan menilai Bitcoin Halving Day akan mendorong kenaikan harga Bitcoin. Pasalnya, seiring bertambahnya waktu, transaksi penambangan Bitcoin akan semakin sulit didapatkan.

Ia mendorong para calon investor kripto yang hendak berinvestasi kripto, untuk mengetahui istilah yang mempengaruhi penurunan dan kenaikan harga kripto. Salah satunya yaitu Bitcoin Halving Day

Bitcoin Halving Day merupakan peristiwa empat tahun sekali di mana hadiah untuk para penambang Bitcoin akan dibagi dua setiap 210 ribu blok, yang terjadi sampai mencapai batas maksimum kapasitas yaitu 21 juta Bitcoin.

"Saat ini, sudah ada sekitar 91% Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia dengan total sekitar 19 juta keping. Adanya halving untuk mengurangi kecepatan penambahan Bitcoin baru dan agar BTC yang beredar tetap terjaga sehingga terhindar dari inflasi. Semakin sulit Bitcoin didapatkan, maka semakin mahal juga harga Bitcoin nantinya," jelas Oscar.

Tahun 2022 merupakan tahun lesu bagi kripto. Market sedang dalam fase bearish. Jika dilihat secara historikal, tahun bearish terjadi setelah Bitcoin mengalami All Time High dan terjadi setiap empat tahun sekali. Seperti pada tahun ini, tahun bearish pun pernah terjadi pada tahun 2018, dan 2014.

Oscar pun menambahkan, selain mempengaruhi para trader terkait harga Bitcoin yang akan mahal dan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi bull run pada Bitcoin dan kripto, Bitcoin Halving Day tentu mempengaruhi para miner Bitcoin.

"Apalagi setelah Bitcoin dan kripto dikenal masyarakat, jumlah miner Bitcoin pun semakin bertambah. Semakin bertambahnya miner Bitcoin, semakin sulit juga Bitcoin yang bisa didapatkan, sementara pasokan Bitcoin semakin berkurang," jelasnya. 

Ia menuturkan hal ini terjadi karena tingkat kesulitan penambangan yang terus bertambah, para miner kecil yang tidak memiliki alat canggih akan kalah bersaing dengan miner pro yang sudah memiliki alat yang lebih canggih. Karena hadiah para penambang Bitcoin dibagi dua, maka di tahun 2024 nanti saat Bitcoin Halving Day, hadiah untuk para miner akan dikurangi menjadi 3,125 BTC. 

Menurut Oscar, Bitcoin ada kemungkinan berakhir pasokannya di tahun 2140. Setelah Bitcoin habis dan tidak ada Bitcoin Halving Day kembali, maka besar kemungkinan permintaan untuk Bitcoin akan meningkat.

"Jadi, bagi para trader aset kripto yang hendak mengumpulkan portofolio Bitcoin, mungkin bisa memulai untuk mencicil membeli di harga saat ini ketika pasar sedang bearish. Jangan lupa juga untuk terus mempelajari istilah istilah dalam perdagangan kripto agar ilmu kita mengenai investasi kripto semakin bertambah," tutup Oscar

Memasuki pekan pertama bulan Desember 2022, harga Bitcoin terlihat cenderung mengalami kenaikan meskipun persentasenya cukup kecil. Berdasarkan data dari Indodax per hari Jumat 9 Desember jam 09.30, Bitcoin (BTC) berada di harga 268 juta rupiah per 1 bitcoin, naik sebesar 1,95% dalam 24 jam terakhir.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER