c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

07 November 2022

16:02 WIB

Livin’ by Mandiri Bisa Digunakan di 118 Negara

Cukup pake sim card luar negeri dan e-KTP, Livin’ by Mandiri langsung aktif di 118 negara

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Fin Harini

Livin’ by Mandiri Bisa Digunakan di 118 Negara
Livin’ by Mandiri Bisa Digunakan di 118 Negara
Tampilan layar Livin' by Mandiri di layar ponsel dan monitor. ValidNewsID/Arief

LONDON – Livin' by Mandiri, super app milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, kini dapat digunakan oleh nasabah dan calon nasabah yang berada di luar negeri menggunakan nomor sim card negara setempat. 

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan, dengan fitur baru ini, Livin’ by Mandiri bisa diakses Warga Negara Indonesia (WNI) di 118 negara, seperti Belanda, Malaysia, Hongkong, Singapura, Arab Saudi, Australia, Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, United Kingdom, dan puluhan negara lainnya. 

“Bank Mandiri menjadikan seluruh layanan terdigitalisasi secara total untuk hadir sebagai one stop financial solution bagi nasabah, termasuk Livin’ by Mandiri yang menyapa secara langsung masyarakat Indonesia di berbagai belahan dunia. Livin’ pun kini hadir All Around The World in the blink of an eye,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi yang diterima Validnews, Senin (7/11). 

Pihaknya juga memberikan kenyamanan bagi WNI di luar negeri untuk mengakses inovasi terbaru ini. Caranya pun diklaim sangat mudah, setiap WNI dengan nomor sim card negara setempat hanya perlu menyiapkan e-KTP untuk bisa membuka rekening baru melalui Livin’ by Mandiri. 

“Untuk setor saldo awal pun lebih mudah, nasabah cukup transfer melalui bank atau tekfin jasa remitansi favorit nasabah. Dalam hitungan detik, saldo Livin’ by Mandiri akan terisi. Setelah registrasi selesai, nasabah bisa langsung mengontrol semua kebutuhan finansialnya melalui Livin’ by Mandiri tanpa batas, kapanpun dan dimanapun,” jelasnya. 

Sedangkan bagi nasabah yang sudah terdaftar sebagai pengguna Livin’ dan ingin menggunakan Livin’ dengan nomor sim card HP luar negeri, kata Darmawan, nasabah hanya perlu aktivasi dengan menggunakan kartu debit. 

“Nasabah yang sedang melakukan perjalanan luar negeri pun dapat tetap terhubung dengan Livin’, meskipun menggunakan operator telekomunikasi lokal," terang Darmawan. 

Ia menyebutkan, dengan adanya Livin’, nasabah tetap bisa melakukan transaksi berbagai keperluan keluarga atau kerabat di Indonesia. Mulai dari bayar uang sekolah anak di Indonesia, bayar listrik, isi token, hingga bayar tagihan, beli hadiah di e-commerce untuk keluarga tersayang di Indonesia, dan ribuan jenis pembayaran lainnya bisa dilakukan di Livin. 

Selain kebutuhan transaksi finansial, lanjut Darmawan, Livin’ bisa mendukung investasi masa depan nasabah melalui berbagai fitur, seperti Tabungan Rencana atau saving plan, Deposito, dan pembelian Reksa Dana. 

Ia juga mengatakan, pemenuhan berbagai kebutuhan nasabah seperti pembelian tiket pesawat kembali ke Indonesia dan kebutuhan gaya hidup lainnya bisa dipenuhi melalui fitur Sukha. 

Fitur global Livin' by Mandiri pun dapat memudahkan ragam kebutuhan transaksi bagi diaspora Indonesia di berbagai belahan dunia. Salah satunya, Singapura yang menjadi tujuan utama lebih dari 250 ribu diaspora Indonesia atau negara yang menjadi destinasi vakansi masyarakat Tanah Air. 

"Melalui digitalisasi, Bank Mandiri hadir untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan maupun gaya hidup masyarakat Indonesia di luar negeri, maupun para diaspora yang mencari nafkah, menetap atau menuntut ilmu di seluruh belahan dunia," ungkap Darmawan. 

Diunduh 18 Juta Kali
Menurutnya, inisiatif ini menjadikan super app Livin’ by Mandiri menjadi salah satu layanan keuangan digital terdepan karya anak bangsa di Bank Mandiri, yang berpotensi menjadi solusi finansial terbaik bagi WNI yang berada di luar negeri. 

“Pengembangan ini menjadi salah satu persembahan kami di usia ke-24 untuk ekonomi Indonesia. Apalagi, Livin’ by Mandiri kini telah menjadi gaya hidup nasabah dan telah diunduh lebih dari 18 juta kali dalam 12 bulan terakhir,” kata Darmawan.  

Dia menuturkan, keunggulan Livin’ by Mandiri terlihat dari kemampuan melayani 1,38 miliar transaksi dalam sembilan bulan pertama tahun ini dengan nilai transaksi menembus Rp1.716 triliun, atau tumbuh dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Ke depan, kami akan terus melengkapi dan mengembangkan Livin’ by Mandiri dengan fitur-fitur terkini, seperti transfer valuta asing untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan nasabah. Selain itu, nantinya Livin’ bisa melayani pembelian Surat Berharga Negara, sehingga nasabah yang berada di luar negeri bisa tetap berpartisipasi untuk membangun negeri. Tentu saja semua ini kami lakukan dengan tetap mengedepankan keandalan aplikasi,” tutup Darmawan. 

Livin’ by Mandiri telah mampu mengeksekusi hingga 50 ribu lebih transaksi per detik. Bank Mandiri memproyeksikan ke depan transaksi bisa menembus 100 ribu per detik.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar