30 September 2022
18:30 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Fin Harini
JAKARTA – LinkAja resmi menggandeng dua startup, Feedloop dan EdenFarm. Kolaborasi dengan Feedloop bertujuan untuk memudahkan proses digitalisasi dalam aplikasi melalui adanya low code development platform. Sementara, kerja sama dengan EdenFarm untuk menyediakan jaringan pembayaran LinkAja bagi konsumen startup pangan tersebut.
Sebagai tahap awal kerjasama tersebut, LinkAja Bersama EdenFarm dan Feedloop meneken perjanjian kerjasama pada hari terakhir BUMN Startup Day, Rabu (28/9). Perjanjian ditandatangani oleh Ahmad Rizqi Meydiarso sebagai Direktur Utama PT Feedloop Global Teknologi, David Setyadi Gunawan selaku Direktur Utama PT. Eden Pangan Indonesia (EdenFarm) dan Yogi Rizkian Bahar selaku Direktur Utama LinkAja. Turut hadir Mohamad Ramzy, Presiden Komisaris Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).
Mohamad Ramzy selaku Presiden Komisaris Telkomsel Mitra Inovasi menyampaikan, bahwa Telkomsel memiliki ekosistem digital yang komprehensif untuk mendukung digitalisasi para pelaku usaha, rintisan (startup) dan entitas BUMN melalui kolaborasi strategis.
"Ragam program akselerator dan inisiatif digital kami berfokus pada percepatan dampak bisnis. Pada BUMN Startup Day tahun ini, kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang dihadirkan LinkAja sebagai layanan keuangan digital yang mewujudkan perluasan digitalisasi di Indonesia," katanya dalam pernyataan resminya, Jumat (30/9).
Sejalan dengan itu Direktur Utama LinkAja, Yogi Rizkian Bahar mengatakan LinkAja melakukan kerjasama strategis untuk menghadirkan solusi digital yang inovatif, bukan hanya untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM) Namun, juga bagi segmen korporasi yang lebih berdampak pada kemajuan dan penguatan ekosistem digital Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif.
“Kami senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Feedloop dan EdenFarm yang sejalan dengan misi percepatan inklusi keuangan Indonesia,” jelas Yogi.
Kerjasama dengan Feedloop, lanjutnya, untuk menyediakan digital enabler bagi pelaku usaha dalam memajukan bisnis. Yakni, dengan membantu sektor korporasi serta UMKM melalui teknologi kemudahan membuat sebuah aplikasi.
Ia menyampaikan kerjasama LinkAja dengan Feedloop diharapkan mampu menghadirkan kemudahan opsi pembayaran dalam ekosistem kedua belah pihak untuk diterapkan dalam platform low code. Menurutnya, Feedloop yang merupakan salah satu perusahaan portofolio Telkomsel Mitra Inovasi mampu mendorong UMKM untuk berinovasi lebih gesit, melalui teknologi canggih untuk membangun aplikasi yang siap digunakan atau berfungsi sebagai inti dari sistem operasi bisnis.
Kerjasama yang dijalankan dengan LinkAja meliputi pengembangan bersama solusi Software as a Service melalui platform low-code, dan pemasaran produk B2B LinkAja.
Ahmad Rizqi Meydiarso, yang mewakili Direktur Utama PT Feedloop Global Teknologi menjelaskan dengan terjalinnya kolaborasi in, perusahaannya memiliki keselarasan misi dengan LinkAja yang berfokus untuk meningkatkan digitalisasi.
"Di mana fokus kami adalah membuka peluang-peluang baru bagi bisnis untuk tumbuh lebih cepat melalui proses digitalisasi," ujarnya.
Digitalisasi Pembayaran di Ekosistem Pangan
Sedangkan, kolaborasi dengan EdenFarm menjadi salah satu bentuk kerjasama strategis yang diyakini mampu mendorong digitalisasi pembayaran dalam sektor ekosistem pangan di Indonesia.
Dalam kerja sama ini, LinkAja mendigitalisasi proses pembayaran di dalam ekosistem EdenFarm, startup rantai pasok pangan dengan fokus pelanggan B2B. EdenFarm memiliki visi menyederhanakan rantai pasok pangan B2B Indonesia yang memberdayakan ekosistem pangan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan bagi petani, pelaku usaha pangan dan kuliner melalui konsistensi permintaan yang akurat, berbagai pelatihan serta bantuan teknologi.
Direktur Utama EdenFarm, David Setyadi Gunawan menjelaskan, saat ini EdenFarm bermitra dengan lebih dari 4.000 petani. EdenFarm memiliki lebih dari 50.000 pelanggan di segmen B2B, mulai dari pelapak sayur, warung makan, hingga horeka.
Kerjasama yang dijalankan LinkAja meliputi pengembangan layanan pembayaran secara digital untuk pelanggan B2B EdenFarm dan pelaksanaan loyalty program terhadap pelanggan B2B EdenFarm dan penggunaan metode Instant User Registration.
EdenFarm, lanjut David, melihat LinkAja memiliki berbagai fitur yang dapat berguna bagi konsumen, sehingga dengan adanya kerjasama ini para konsumen EdenFarm memiliki opsi pembayaran yang lebih mudah untuk berbelanja di EdenFarm, sekaligus membayar tagihan kebutuhan sehari-hari dengan LinkAja.
“Kenyamanan customer adalah prioritas kami di EdenFarm, kami berharap kedepannya EdenFarm dan LinkAja dapat bertumbuh bersama untuk terus memberikan kenyamanan customers melalui transaksi digital,” jelas David.
Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang lengkap dan terintegrasi, Yogi menegaskan soal konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia semakin terealisasi.
"Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di Indonesia," tutupnya.