c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

17 Mei 2024

15:35 WIB

Lalamove Soroti 3 Hal Utama Dalam Sustainability Report 2023

Lalamove telah menerbitkan Sustainability Report 2023. Sorotan utama tahun ini mencakup tiga hal. Apa saja?

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

<p>Lalamove Soroti 3 Hal Utama Dalam Sustainability Report 2023</p>
<p>Lalamove Soroti 3 Hal Utama Dalam Sustainability Report 2023</p>

Ilustrasi Pengantaran paket pesanan oleh kurir Lalamove. dok.Lalamove

JAKARTA -  Platform pengiriman on-demand, Lalamove, telah menerbitkan Sustainability Report 2023. Sorotan utama tahun ini mencakup tiga hal, mempromosikan penggunaan kendaraan energi baru (new energy vehicle), menetapkan target jangka pendek, menengah, dan panjang untuk mencapai nol bersih dan mendukung mitra driver.

“Tahun lalu menandai ulang tahun kesepuluh berdirinya Lalamove. Seiring kami menatap dekade berikutnya, kami dengan senang hati membagikan annual sustainability report terbaru kami kepada semua orang,” kata Direktur Corporate Affair Lalamove, Bill Li dalam pernyataan tertulis, Jumat (17/5). 

Laporan ini mengumpulkan sejumlah besar data tentang Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST), mengikuti standar yang ditetapkan oleh Global Reporting Initiative (GRI). Dia menjelaskan laporan ini menyoroti komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai LST dan menekankan pentingnya nilai-nilai tersebut. 

Baca Juga: Lalamove Rasakan Lonjakan Pengiriman Mamin Di Ramadan Kali ini

Bill Li menuturkan, Lalamove telah membangun sistem manajemen emisi gas rumah kaca (GRK) internal dan secara sukarela mengungkapkan data GRK perusahaan pada tahun 2023.

Menurutnya sistem ini tidak hanya membantu perusahaan memantau emisi karbon di masa depan yang terkait dengan operasi, tetapi juga memungkinkan pihaknya untuk merumuskan strategi pengurangan karbon yang lebih baik. 

“Hal ini sangat penting untuk mengatasi emisi dari kendaraan di platform kami, yang merupakan sumber emisi karbon utama bisnis kami.” kata Bill Li. 

Sebagai informasi, Lalamove beroperasi di 11 negara dan melayani lebih dari 13,4 juta pengguna dan 1,2 juta mitra driver. Perusahaan berfokus pada pemenuhan kebutuhan berbagai pemangku kepentingan dan mitra, termasuk usaha kecil dan menengah, mitra driver, karyawan, dan komunitas lokal.

Dorong Driver Gunakan Kendaraan Energi Baru
Bill Li menuturkan, untuk mendorong lebih banyak driver beralih ke kendaraan energi baru, Lalamove telah berkolaborasi dengan perusahaan pengisian daya kendaraan listrik dan lembaga keuangan di Tiongkok untuk memberikan diskon eksklusif untuk fasilitas pengisian daya kendaraan listrik, asuransi, dan layanan pemeliharaan kendaraan.

“Kami telah bekerja sama untuk memperluas jaringan pengisian daya kami hingga mencakup lebih dari 55.000 stasiun pengisian energi baru di Tiongkok, termasuk 670.000 pengisi daya kendaraan listrik dan memberikan diskon pengisian daya untuk mitra driver kami di 327 kota,” sebut dia.

Tetapkan Target Emisi Nol Bersih
Selain itu dalam Sustainability Report tahun ini, Lalamove telah menetapkan target jangka pendek, menengah, dan panjang untuk mencapai emisi nol bersih dan secara signifikan mengurangi karbon dioksida (CO2) dan emisi gas rumah kaca lainnya untuk menuju masa depan yang lebih hijau.

Dalam jangka pendek, Lalamove menargetkan 50% dari pesanan yang terpenuhi di Tiongkok diselesaikan oleh kendaraan energi baru pada tahun 2028.

Pada tahun 2025, Lalamove ingin mencapai operasi tanpa kertas dan memiliki 30% limbah yang dialihkan dari tempat pembuangan akhir, dan semua limbah berbahaya untuk dibuang oleh pengumpul atau pendaur ulang yang memenuhi syarat (berkualifikasi).

Dalam jangka menengah, perusahaan ingin mencapai emisi nol bersih di seluruh emisi GRK Cakupan 1 dan Cakupan 2 pada tahun 2040. Dan dalam jangka panjang, perusahaan ingin meningkatkan proporsi kendaraan energi baru pada platform.

Prioritaskan Mitra Driver
Selain inisiatif lingkungan, Lalamove memiliki tanggung jawab sosial yang merupakan salah satu fokus utama perusahaan. Lalamove, kata Bill Li, memberikan kesempatan kerja yang fleksibel, transparansi, dan otonomi bagi mitra driver, serta memprioritaskan keselamatan mereka.

“Selain itu, Lalamove menanamkan budaya keselamatan di antara komunitas driver-nya, dan telah menetapkan seperangkat standar keselamatan untuk memantau keselamatan operasional. Kami juga membantu mitra driver dalam mencari klaim kompensasi jika terjadi kecelakaan. Tahun lalu, perusahaan mencapai tingkat operasi bebas cedera 99,9% di semua pasar,” sebut dia.

Lalamove juga mendukung keluarga driver. Di Filipina, Lalamove memberikan dukungan kepada keluarga driver dengan meluncurkan program bantuan keuangan pendidikan untuk 100 anak driver

Program ini menawarkan hingga 20.000 peso Filipina, untuk mensubsidi biaya pendidikan mereka seperti biaya sekolah, alat tulis, biaya lain-lain, dan pengeluaran sehari-hari selama masa sekolah menengah dan perguruan tinggi. 

“Inisiatif ini menunjukkan komitmen teguh Lalamove untuk menciptakan nilai-nilai bersama di dalam masyarakat,” ucap dia.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar