Selamat

Rabu, 22 September 2021

15 September 2021|20:55 WIB

KKKS JOB Tomori Raih Sertifikat SMAP

Kontraktor JOB Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi menjadi KKKS ketujuh yang tersertifikasi SMAP

Penulis: Zsasya Senorita,

Editor: Fin Harini

ImageIlustrasi: Lapangan migas offshore yang dioperasikan Medco Energi di Kawasan Asia Tenggara. Antara Aceh/HO

JAKARTA Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) JOB Pertamina–Medco E&P Tomori Sulawesi atau JOB Tomori secara resmi meraih sertifikat ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Sertifikat diserahkan oleh lembaga sertifikasi PT Mutuagung Lestari kepada JOB Tomori pada Rabu (15/9), dalam acara seremonial yang dilaksanakan secara virtual. Hadir dalam acara tersebut Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Pengawas Internal SKK Migas Murdo Gantoro, dan General Manager JOB Tomori Imam Nur Akbar.

“Atas nama manajemen SKK Migas, kami ucapkan selamat kepada manajemen dan seluruh pegawai JOB Tomori atas pencapaian milestone ini. Hal ini menjadikan JOB Tomori sebagai KKKS ketujuh yang sudah tersertifikasi SMAP,” kata Dwi.

Menurut Dwi, SMAP pada intinya merupakan perwujudan komitmen pemangku kepentingan terhadap implementasi kebijakan zero tolerance pada korupsi, khususnya praktik suap-menyuap.

“Sekaligus sebagai bagian dari upaya kita semua untuk bersama-sama melakukan pembenahan tata kelola di sub sektor industri hulu migas nasional,” sambungnya.

Ia menambahkan, fokus utama industri hulu migas saat ini adalah capaian produksi dan lifting. Kepemilikan sertifikasi SMAP pun diharap dapat mendorong industri hulu migas ke arah yang lebih bersih, akuntabel, dan bebas korupsi.

Dengan begitu, aspek gangguan non-teknis seperti penyuapan, korupsi, dan kecurangan atau fraud diharapkan semakin berkurang sehingga perusahaan dapat lebih fokus bekerja mencapai target-target kinerja migas nasional.

Sementara General Manager JOB Tomori Imam Nur Akbar mengungkapkan, keberhasilan meraih sertifikat ini merupakan komitmen dari manajemen JOB Tomori untuk mendorong seluruh insan JOB Tomori menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG). Meliputi transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness (kewajaran).

Imam menjabarkan, keberhasilan implementasi SMAP merupakan dua cerminan nilai JOB Tomori. Pertama adalah clean, menjalankan bisnis dengan jujur, adil, standar etika tertinggi, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan, dan integritas serta selalu berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.

“Sedangkan kedua adalah capable yakni keseluruhan rangkaian proses implementasi sistem ini di JOB Tomori dilakukan secara mandiri,” sambungnya.

Implementasi SMAP di JOB Tomori dimulai sejak Juni 2020. Implementasi dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu membuat project plan yang dilakukan pada periode Juni–September 2020 dengan melakukan perencanaan, identifikasi permasalahan, hingga menentukan ruang lingkup SMAP.

Tahap berikutnya adalah project execution, yang dilakukan pada September 2020 sampai Juni 2021, dengan melakukan penyusunan kebijakan, pedoman, dan SOP terkait implementasi SMAP hingga dilakukannya survey pemahaman pekerja serta audit internal SMAP.

Sementara, tahap akhir ialah audit & certification, yang dilakukan pada periode Juli–Agustus 2021, dengan dilaksanakannya kegiatan audit dan penyelesaian-penyelesaian tindak lanjut hasil audit.

Imam menegaskan, perolehan sertifikat ISO 37001:2016 SMAP ini pada akhirnya menunjukkan penerapan sistem manajemen di JOB Tomori telah diimplementasikan dengan baik. Sekaligus sebagai bentuk perwujudan visi JOB Tomori, yaitu menjadi operator migas terbaik dan terpandang di Indonesia.

“Komitmen ini penting untuk menjaga kepercayaan para stakeholders perusahaan yang merupakan faktor utama dalam menentukan keberlangsungan kegiatan bisnis perusahaan,” pungkasnya.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA