24 Februari 2024
17:32 WIB
Penulis: Fitriana Monica Sari
Editor: Fin Harini
JAKARTA - J&T Cargo mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat mengoptimalkan bisnisnya melalui roadshow “Winning Ramadan”.
Roadshow ini bekerja sama dengan komunitas UMKM seperti Tangan Di Atas (TDA) di regional daerah, serta menghadirkan beberapa narasumber ahli dari industri yang relevan untuk memberikan wawasan materi.
PR, Media Relations & Partnership J&T Cargo Robi Wahyu Santoso menjelaskan, target roadshow "Winning Ramadan" ini lebih ke educational program atau pelatihan untuk UMKM.
"Harapannya mereka bisa mempersiapkan jualan sebelum (pre) musim puncak, selain strategi pemasaran dari sisi pengiriman dirasa penting. Maka dari itu, sebagai pelaku industri logistik, memberikan materi pengelolaan pengiriman, manajemen stok, proses packing yang tepat serta kiat-kiat distribusi barang," kata Robi kepada Validnews, Sabtu (24/2).
Baca Juga: J&T Cargo Lebarkan Sayap Ke Malaysia
Pasalnya, dia menilai daya beli masyarakat mengalami peningkatan menjelang Ramadan. Secara luas, kebutuhan lebaran mayoritas ada di fesyen, khususnya pakaian muslim.
Oleh karena itu, J&T Cargo menyasar para pelaku UMKM. Menurutnya, target peserta di setiap kota dibatasi sekitar 30 hingga 50 peserta, mayoritas dari fesyen dan kuliner.
Senada, CEO J&T Cargo Jonathan Zhong mengatakan, sebagai penyedia layanan pengiriman yang fokus dengan volume besar, edukasi tentang industri pengiriman menjadi hal yang penting untuk dibagikan kepada pelaku UMKM, terutama menghadapi momen puncak Ramadan yang mayoritas dominasi seperti industri fesyen, kecantikan, dan kuliner.
“Kami mengajak UMKM agar efektif untuk mengelola bisnis selama momen Ramadan, memanfaatkan momen puncak ini untuk memperluas jangkauan pasar agar meningkatkan profit bisnis mereka. Kami turut senang dapat memfasilitasi UMKM,” ujar Jonathan.
Sekadar informasi, Roadshow Winning Ramadan J&T Cargo hadir di lima kota sekaligus. Yakni, mulai dari Bandung, Semarang, Pekalongan, Yogyakarta, dan Malang.
Adapun, pelatihan ini dimulai sejak bulan Januari dan akan berlanjut hingga bulan Maret 2024. Hal ini seiring dengan potensi pengiriman beragam produk selama Ramadan.
Lebih lanjut, Jonathan menuturkan, acara Winning Ramadan ini juga menjadi momen untuk menjalin silaturahmi antar pelaku ekosistem bisnis.
Baca Juga: KADIN DKI Ajak UMKM Buka Gerai Daging Jelang Ramadan
Materi yang akan disajikan pada pelatihan meliputi strategi pemasaran melalui media sosial, tips penawaran promo, dan diskon untuk produk UMKM selama Ramadan.
Selain itu, materi lainnya mencakup manajemen stok barang dan peningkatan kualitas layanan, dan tips distribusi barang komoditas dalam jumlah besar, termasuk pemilihan jasa pengiriman/logistik yang tepat selama Ramadan.
Dengan misi berorientasi pada pelanggan dan efisiensi sebagai akar dari pelayanan, kata Jonathan, J&T Cargo terus membangun infrastruktur untuk memperluas jaringan.
Hingga kini, layanan pengiriman J&T Cargo telah menjangkau 98% wilayah di Indonesia dengan sejumlah 3337 outlet, 98 gateway dan 2.500 armada yang diklaim akan membantu proses distribusi barang pada momen puncak Ramadan tahun ini.