20 Juni 2024
11:38 WIB
Jalin Dan VJI Bekongsi Perkuat Sistem Pembayaran UMKM Mitra Bukalapak
Dengan bergabungnya VJI dalam keanggotaan Link, pemilik warung, kios pulsa, maupun UMKM lainnya yang tergabung dalam Mitra Bukalapak, mendapatkan solusi pembayaran QRIS yang lebih efisien dan andal
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Peresmian Kerjasama Keanggotaan QRIS dalam Jaringan Link antara PT Visai Jaya Indonesia dan Jalin Pembayaran Nusantara. dok. Jalin
JAKARTA – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), member holding BUMN Danareksa, berkongsi dengan PT Visi Jaya Indonesia (VJI) untuk memperkuat infrastruktur sistem pembayaran berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dalam jaringan Link. Dukungan ini secara resmi dituangkan dalam penandatanganan kerja sama strategis baru-baru ini.
Untuk diketahui, VJI merupakan bagian dari Bukalapak yang memiliki visi dan misi untuk menciptakan ekonomi yang adil bagi semua. Nah, untuk mendukung visi dan misi tersebut VJI berkomitmen memperkuat layanan sistem pembayaran Mitra Bukalapak, anak usaha sekaligus platform online-to-offline (o2o) milik Bukalapak.
Mitra Bukalapak sendiri, saat ini mengelola belasan juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan bergabungnya VJI dalam keanggotaan Link, para pemilik warung, kios pulsa, maupun UMKM lainnya yang tergabung dalam Mitra Bukalapak akan mendapatkan solusi pembayaran QRIS yang lebih efisien dan andal.
Eko Dedi Rukminto, Direktur Komersial Jalin menyatakan, kerja sama ini merupakan langkah awal dalam mempersiapkan dukungan infrastruktur sistem pembayaran kepada VJI.
"VJI telah menegaskan posisinya untuk memperkuat layanan sistem pembayaran merchant yang tergabung dalam Mitra Bukalapak. Oleh sebab itu, Jalin sangat senang dapat memberikan solusi sistem pembayaran yang andal agar para Mitra Bukalapak tidak perlu khawatir ketika memperluas layanan digitalnya," kata Eko.
Dampak Positif
Ia memastikan, kemitraan ini juga akan memberikan dampak positif bagi pelaku usaha UMKM di Indonesia melalui model bisnis o2o, di mana para Mitra Bukalapak dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan secara signifikan, terutama di daerah dengan akses terbatas ke layanan perbankan. Beragam produk virtual dan layanan keuangan digital seperti pembayaran tagihan, pengisian saldo e-wallet, kirim uang, serta pembelian pulsa akan menjadi lebih mudah, karena Mitra Bukalapak dapat menerima pembayaran melalui QRIS.
"Ke depannya, peluang kerja sama ini sangat luas dan tidak terbatas pada layanan sistem pembayaran QRIS saja. Kami melihat banyak potensi kolaborasi lainnya untuk mewujudkan inklusi keuangan yang mendukung model bisnis o2o lainnya,” ucap Eko.
Jalin dan VJI juga berkomitmen menghadirkan layanan keuangan yang inklusif, sekaligus berperan menjadi digital enabler dalam menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial.
Sekadar mengingatkan, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) merupakan perusahaan pengelola integrasi jaringan ATM BUMN terbesar yang tersebar di seluruh Indonesia melalui merek ATM Link. Sebagai perusahaan pemroses pembayaran (switching), Jalin mengelola jaringan LINK untuk menghubungkan layanan transaksi keuangan berbasis ATM & CRM, Debit, CDM, Mobile Banking, Mini ATM, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) baik Domestik maupun Cross-border, serta layanan perbankan lain yang mencakup pengelolaan uang tunai.
Saat ini, Jalin memiliki lebih dari 60 member yang berasal dari sektor perbankan dan fintech di Indonesia.
Sedangkan PT Visi Jaya Indonesia (VJI) merupakan perusahaan penyedia jasa pembayaran (PJP) kategori 1 yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia. Sebagai perusahaan PJP kategori 1, VJI telah menyediakan beragam layanan, seperti layanan remitansi, QRIS, uang elektronik, hingga payment gateway. VJI telah menjadi bagian dari Bukalapak sejak tahun 2023.