c

Selamat

Sabtu, 27 April 2024

EKONOMI

28 Maret 2024

17:00 WIB

Jakarta Akan Punya Food Estate Di Kepulauan Seribu

Berdasarkan hasil kajian BRIN, lahan di Kepulauan Seribu cocok dipakai sebagai food estate bagi Jakarta mulai 2025.

Editor: Rikando Somba

Jakarta Akan Punya <i>Food Estate</i> Di Kepulauan Seribu
Jakarta Akan Punya <i>Food Estate</i> Di Kepulauan Seribu
Kantor keluarahan Pulau Seribu. ANTARA FOTO

JAKARTA-Jakarta akan punya lumbung pangan atau food estate berlokasi di Pulau Seribu. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut, rencana pengembangan lumbung pangan  di lahan Kepulauan Seribu dilakukan pada 2025. Tujuannya  untuk dapat memberikan dampak positif bagi pendapatan asli daerah (PAD) Ibu Kota.

"Memang itu kan potensi, potensi untuk lumbung pangan kelautan. Potensi juga untuk PAD kami," kata Heru di Stasiun Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, Kamis.

Selain itu, Heru mengatakan bahwa lumbung pangan di Kepulauan Seribu juga dapat memaksimalkan potensi sumber daya alam yang tersedia.

Namun, Heru belum menjelaskan secara rinci seperti apa konsep lumbung pangan yang akan dikembangkan di Kepulauan Seribu, juga lokasi tepatnya. Heru sebelumnya menyebut semua area laut di Kepulauan Seribu memungkinkan untuk dijadikan lumbung pangan. Sedangkan wilayah pesisir dekat Jakarta tidak memungkinkan.

Lebih lanjut, Heru menegaskan Pemprov DKI Jakarta sudah mulai membicarakan terkait lumbung pangan di Kepulauan Seribu bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

 "Oh ya (sudah dibahas) bersama Bappenas. Untuk (ketahanan pangan) di masa depan," ujar Heru.

Dikutip dari Antara, Heru mengungkapkan berdasarkan hasil kajian Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lahan di Kepulauan Seribu cocok dipakai sebagai lumbung pangan bagi DKI Jakarta mulai 2025.

"Sesuai kajian dari BRIN dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Kepulauan Seribu kaya potensi ikan, rumput laut, dan lain-lain sehingga bisa dijadikan lumbung pada 2025," kata Heru usai dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (20/3).

Menurut Heru, Kepulauan Seribu merupakan wilayah perairan yang kaya akan hasil laut seperti ikan, rumput laut, ganggang dan sebagainya.


Polri Jamin
Sedang terkait pangan, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan menjelang dan setelah Idul Fitri 1445H/2024, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan berlebihan dalam memenuhi kebutuhan pokok. 

“Seperti yang disampaikan Menteri Perdagangan dalam rakor lintas sektor pada Senin (25/3), bahwa menjelang Lebaran selama bulan Ramadhan, ketersediaan bahan pokok lebih dari cukup,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Rabu (27/3).

Sebagai upaya memastikan ketersediaan pangan tersebut, Divisi Humas Polri menggelar Diskusi Publik bertajuk “Memastikan Ketersediaan dan Keterjangkauan Harga Pangan jelang dan Pasca-Lebaran 2024” di Jakarta. Dalam diskusi publik tersebut dihadiri pihak-pihak berkepentingan sebagai narasumber seperti perwakilan Perum Bulog, perwakilan Badan Pangan Nasional (Bapanas), perwakilan Kementerian Perdagangan, serta Wakasatgas Pangan Polri.

Jenderal polisi bintang satu itu mengamini,  selama Ramadan, tingkat kebutuhan masyarakat terhadap pangan menjadi meningkat. Pangan menjadi isu sentral yang dibahas menjelang Lebaran. Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu mengatakan Satgas Pangan Polri bersama pemangku kepentingan terkait terus melakukan pengawasan dan pemantauan terkait ketersediaan dan distribusi bahan pokok ke seluruh Indonesia.

“Pemerintah telah melakukan upaya-upaya atau langkah-langkah antisipasi untuk menstabilkan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran,” kata Trunoyudo.

Powered by Froala Editor


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar