c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

07 Agustus 2023

18:12 WIB

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Jangkau 99% Kecamatan di Indonesia

1,8 Miliar produk tokopedia menjangkau 99% kecamatan di Indonesia.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Jangkau 99% Kecamatan di Indonesia
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Jangkau 99% Kecamatan di Indonesia
Ilustrasi. Seseorang mengakses aplikasi Tokopedia dengan latar belakang layar monitor. ValidNewsID/Arief Rachman

JAKARTA - Tokopedia menyatakan dalam satu tahun belakangan pihaknya telah mencatatkan dampak positif pada tren belanja online masyarakat Indonesia. 

Saat ini, sudah ada lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar di Tokopedia yang bisa dijangkau oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia. Menurut Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak, ini berkat inisiatif hyperlocal dan berbagai turunannya yaitu inisiatif KTP dan Dilayani Tokopedia.

"Beberapa kategori produk yang paling laris di Tokopedia setahun belakang adalah kebutuhan sehari hari atau groceries, rumah tangga, fesyen, elektronik serta olahraga dan hobi. Pengguna Tokopedia berasal dari berbagai latar belakang, baik perempuan maupun laki-laki, tua maupun muda. Kami ingin menjadi platform yang inklusif yang bisa mempermudah kehidupan semua orang," kata Nuraini dalam konferensi pers, Senin (7/8).

Dia menjelaskan salah satu inisiatif ini adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. 

Baca Juga: Tokopedia Pastikan 100% Penjual Di Platformnya Adalah Penjual Lokal

Selain itu Dilayani Tokopedia, dimana penjual bisa menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia di wilayah- wilayah dengan permintaan tinggi agar pembeli bisa mengakses produk tersebut dengan lebih cepat dan ongkir lebih murah bahkan gratis.

Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai turunannya, Tokopedia juga mencatat, Aceh Tenggara (Aceh), Padang Lawas Utara (Sumatera Utara), Malaka (NTT), Buton Tengah (Sulawesi Tenggara) dan Teluk Bintuni (Papua Barat) menjadi beberapa daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama setahun ke belakang, dengan rata-rata peningkatan hampir 4 kali lipat.

Selain itu, beberapa daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah transaksi selama setahun ke belakang, yaitu Natuna (Kep. Riau), Lombok Utara (NTT), Deiyai (Papua Tengah), Pegunungan Arfak (Papua Barat) dan Nduga (Papua Pegunungan), dengan rata-rata peningkatan hampir 8,5 kali lipat.

Baca Juga: Hari Pajak Nasional, Berikut Cara Bayar Pajak di Tokopedia

Di sisi lain, hampir 3/4 dari transaksi antarpulau yang terjadi di Tokopedia selama setahun ke belakang menggunakan fitur Bebas Ongkir. Layanan gratis ongkir menurutnya sangat diminati masyarakat Indonesia yang berbelanja online, terutama ketika bertransaksi antarpulau. 

"Inisiatif ini dengan kata lain juga membantu pelaku usaha di seluruh wilayah di Indonesia termasuk UMKM meningkatkan penjualan dan memajukan bisnisnya, tanpa harus pindah ke ibukota; sangat sejalan dengan misi Hyperlocal Tokopedia,” tutup Nuraini.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar