c

Selamat

Kamis, 6 November 2025

EKONOMI

14 Maret 2025

08:00 WIB

Ikut Bazar Bisa Bantu Naikkan Penjualan UMKM selama Ramadan

Keikutsertaan UMKM di bazar dapat membantu meningkatkan penjualan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki toko offline.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

Editor: Fin Harini

<p id="isPasted">Ikut Bazar Bisa Bantu Naikkan Penjualan UMKM selama Ramadan</p>
<p id="isPasted">Ikut Bazar Bisa Bantu Naikkan Penjualan UMKM selama Ramadan</p>

Suasana bazar GlamLocal di mal Grand Indonesia Shopping Town Jakarta. ValidNewsID/ Gemma F Purbaya

JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan, salah satunya bisa dengan mengikuti bazar. Keikutsertaan mereka dalam bazar tidak hanya memperluas jangkauan pasar, tetapi juga meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness di kalangan konsumen.

Itulah yang co-founder GlamLocal Rizkya Azhar coba ingin bawa. Menurutnya, UMKM Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dari merek-merek besar dan terkenal. Hanya saja, kesadaran masyarakat terkait brand tersebut masih kurang dan hal ini bisa diraih melalui keikutsertaan brand di bazar.

"Itu sejalan dengan tujuan GlamLocal supaya membawa brand online agar lebih dikenal masyarakat melalui bazar offline. Jadi keuntungan brand ikut bazar ya pastinya itu, meningkatkan awareness brand mereka di masyarakat," cerita Kiky pada Validnews, di Jakarta, Rabu (12/3).

Baca Juga: 130 Merek Fesyen Lokal Ramaikan GlamLocal Sparkling Ramadan

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa keikutsertaan brand di bazar dapat membantu meningkatkan penjualan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki toko offline

Kiky tidak menampik bahwa belakangan masyarakat memang senang berbelanja secara online. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja offline agar dapat melihat dan mencoba langsung produk yang dibeli.

"Untuk mereka yang berjualannya masih online atau belum punya toko offline, bazar itu salah satu strategi yang cukup baik untuk memperkenalkan produk mereka ke masyarakat yang lebih luas karena konsumen bisa melihat dan merasakan produknya secara langsung, berbeda dengan ketika berbelanja online," imbuh Kiky.

Kiky mengatakan, untuk omset harian per brand UMKM yang ikut bazar pun bisa mencapai Rp25-30 juta per hari, bahkan ada juga brand yang omset hariannya mencapai Rp100 juta. Oleh karena itu, dia berharap brand lokal untuk tidak ragu ikut bazar, khususnya di bulan Ramadan.

Baca Juga: Tampil Kompak Bersama Keluarga Dengan Sarimbit Untuk Hari Raya

Supaya penjualan maksimal, pastikan memilih bazar yang sesuai dengan produk brand yang dimiliki. Semisal, jika berjualan produk fesyen modest bisa mencoba bergabung dengan GlamLocal, atau jika berjualan produk makanan dan minuman dapat mencoba mengikuti bazar yang berfokus pada penjualan produk makanan dan minuman.

GlamLocal sendiri mengadakan bazar fesyen modest lokal di mal Grand Indonesia Shopping Town hingga tanggal 16 Maret 2025 mendatang. Melibatkan sekitar 60 brand fesyen modest lokal, mereka menargetkan 5 ribu pengunjung setiap harinya dengan jumlah transaksi mencapai Rp2 miliar per hari.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar