c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

EKONOMI

24 Maret 2025

19:00 WIB

GoTo Kolaborasi Dengan Google Maps, Tingkatkan Pemetaan Dan Visibilitas Mitra UMKM

GoTo dan Google Maps berkolaborasi strategis meningkatkan pengalaman pemetaan bagi konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang di ekosistem Gojek.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

Editor: Khairul Kahfi

<p id="isPasted">GoTo Kolaborasi Dengan Google Maps, Tingkatkan Pemetaan Dan Visibilitas Mitra UMKM</p>
<p id="isPasted">GoTo Kolaborasi Dengan Google Maps, Tingkatkan Pemetaan Dan Visibilitas Mitra UMKM</p>

Penandatanganan MoU antara GoTo dan Google yang dihadiri Direktur GoTo/Presiden Layanan On-Demand Catherine Hindra Sutjahyo dan Country Director Google Indonesia Veronica Utami, Jakarta, Senin (24/3). Dok GoTo

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mengumumkan kolaborasi strategis antara Gojek dan Google Maps. Kerja sama ini diklaim secara signifikan akan meningkatkan pengalaman pemetaan bagi konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang di ekosistem Gojek.

Kerja sama ini menggabungkan data lapangan real-time milik Gojek dan teknologi geospasial canggih milik Google Maps. Kolaborasi ini juga memungkinkan GoTo mengoptimalkan navigasi, menghemat waktu pengiriman, dan membuat pedagang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di aplikasi Gojek lebih mudah ditemukan di internet.

"Dengan menggabungkan data lapangan real-time Gojek dengan teknologi geospasial Google Maps, kami akan menghadirkan pengalaman pemetaan yang unggul sehingga meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas bagi jutaan pengguna di seluruh Indonesia," kata Presiden Layanan On Demand GoTo Group Catherine Hindra Sutjahyo, Jakarta, Senin (24/3).

Baca Juga: Pemerintah Kaji Libatkan Ojol Dalam Distribusi MBG

Tak hanya meningkatkan visibilitas mitra pedagang UMKM melalui Google Maps dan profil Google Business, Google juga akan berkolaborasi dengan GoFood untuk mengedukasi dan mengajak para mitra pedagang untuk bergabung ke Google Business Profiles. 

Dengan begitu, upaya yang sama dapat memastikan daftar alamat yang lebih akurat dan visibilitas yang lebih baik bagi mitra pedagang sehingga memperkuat jejak digital usaha kecil di Indonesia.

Dengan memudahkan konsumen untuk menemukan dan memesan dari mitra pedagang GoFood, inisiatif ini juga memperkuat dukungan GoTo yang berkelanjutan untuk UMKM. 

Sebagai ekosistem digital yang masif di Indonesia, GoTo terus berupaya memperluas kemampuannya melalui kolaborasi strategis guna meningkatkan efisiensi, memberdayakan UMKM, dan mendorong pertumbuhan bisnis.

"Di GoTo, kami percaya bahwa kolaborasi dengan para pemain teknologi global seperti Google adalah kunci untuk mendorong inovasi yang bermanfaat bagi konsumen, mitra pengemudi, dan mitra pedagang kami," jelasnya.

Catherine berharap, kolaborasi Gojek dan Google Maps dapat meningkatkan skala, mengoptimalkan operasi, mengubah layanan menjadi lebih baik, sekaligus memberikan nilai yang lebih besar bagi komunitas bisnis dan pengguna.

"Sebagai perusahaan teknologi, GoTo secara aktif mencari kesempatan kolaborasi yang mendorong inovasi dan menciptakan nilai yang lebih bermakna bagi para penggunanya," ucapnya.

GoFood diketahui memiliki lebih dari 1,4 juta mitra usaha dengan 99% di antaranya merupakan UMKM kuliner. Riset LPEM FEB UI pada 2024 menunjukkan, layanan GoFood telah berkontribusi sebesar Rp19,68 triliun atau 3,7% terhadap PDB Indonesia di 2023.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar