c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

24 Mei 2021

18:50 WIB

Genjot Bisnis Asuransi Kumpulan, Astra Life Perkuat Layanan Digital

Sejak April tahun 2020, Astra Life sudah bekerjasama dengan Halodoc. Nasabah dapat berkonsultasi dengan dokter sampai pembelian obat langsung dari aplikasi Halodoc

Genjot Bisnis Asuransi Kumpulan, Astra Life Perkuat Layanan Digital
Genjot Bisnis Asuransi Kumpulan, Astra Life Perkuat Layanan Digital
Ilustrasi Layanan digital Astra Life. dok astra life

JAKARTA - PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) terus memperkuat kemitraan dan meningkatan kualitas pelayanan jalur distribusi Group Insurance & DPLK Business (GB Business), sebuah layanan yang menjadi jalur distribusi yang menangani asuransi kumpulan.

Jalur distribusi GB Business ini berfokus pada pemenuhan kebutuhan nasabah korporasi dalam penyelenggaraan Program Kesejahteraan Karyawan (Employee Benefits). Di antaranya melalui program asuransi jiwa kumpulan, asuransi kecelakaan kumpulan, asuransi kesehatan kumpulan serta Dana Pensiun.

“Karyawan merupakan aset terpenting bagi perusahaan dan kami menyadari penuh akan hal tersebut. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, banyak perusahaan yang sangat terbantu dengan adanya layanan perlindungan dari Astra Life yang memberikan perlindungan terhadap klaim terkait Covid-19,” ujar Windawati Tjahjadi - Presiden Direktur Astra Life dalam keterangannya, Senin (24/5).

Sebagai bukti komitmen pelayanan Astra Life, lanjutnya, sejak awal pandemi hingga Desember 2020, Astra Life mencatat telah membayarkan total klaim asuransi jiwa dan kesehatan yang berhubungan dengan Covid-19 untuk nasabah kumpulan. Nilainya mencapai lebih dari Rp9 Miliar.

Sekadar informasi, untuk memperkuat layanan GB Business, sejak April tahun 2020, Astra Life juga bekerjasama dengan Halodoc. Dalam Kerjasama ini, nasabah dapat menikmati layanan kesehatan digital mulai dari konsultasi dengan dokter sampai pembelian obat langsung dari aplikasi Halodoc.

Kemudian, untuk mempermudah proses klaim, layanan pengajuan klaim secara elektronik dapat dilakukan melalui web-based Customer Portal yang telah tersedia sejak April 2019. Layanan tersebut saat ini telah pula dapat diakses melalui Mobile Application Buddies milik Astra Life.

Saat ini GB Business Astra Life telah melayani lebih dari 500 perusahaan dan menaungi lebih dari 450.000 peserta. Dalam perjalanannya, Astra Life terus berinovasi untuk dapat memberikan kemudahan pelayanan bagi nasabah korporasi melalui produk perlindungan jiwa, kecelakaan, kesehatan dan Dana Pensiun yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta karyawannya.

Mulai dari kemudahan informasi mengenai produk, konsultasi, klaim, hingga informasi rumah sakit terdekat. Astra Life saat ini memiliki lebih dari 1.000 rekanan rumah sakit/klinik rawat jalan dan lebih dari 700 rekanan rumah sakit rawat inap yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

“Astra Life fokus pada inovasi digital untuk meningkatkan layanan, tidak hanya untuk nasabah individu tapi juga untuk nasabah kumpulan. Dengan begitu nasabah dapat dengan mudah mendapatkan akses untuk informasi produk, daftar rekanan rumah sakit, hingga klaim”, ujar Windawati.

Jalur Bancassurance
Sebelumnya, jalur pemasaran bancassurance Astra Life mencatat pertumbuhan positif sebesar 70% pada kuartal I 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Porsi terbesar melalui penjualan secara inbranch referral atau melalui tenaga pemasar Astra Life di cabang mitra bancassurance PermataBank yang memberikan kontribusi sebesar 84% dari total pencapaian keseluruhan Bancassurance.

Meskipun kondisi pandemi belum usai Astra Life meyakini penjualan melalui jalur distribusi bancassurance akan tetap bertumbuh. Sri Agung Handayani, Direktur Astra Life pun mengaku optimistis dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan perekonomian Indonesia dan berdampak positif buat jalur pemasaran bancassurance di tahun 2021.

“Kuncinya adalah akselerasi digital, pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berkelanjutan, produk dan layanan yang inovatif dan tentunya berkat kerjasama dan dukungan yang luar biasa dari mitra bancassurance kami, PermataBank,” imbuhnya.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di kuartal IV 2020, secara Gross Written Premium (GWP), Astra Life saat ini berada di peringkat ke-11 untuk jalur pemasaran bancassurance dari 60 perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Hal ini menunjukan, di tengah kompetisi yang semakin ketat dan seiring dengan pergerakan kebutuhan pasar dan perkembangan teknologi, Astra Life mampu bersaing dengan terus melahirkan berbagai solusi inovatif yang memberikan nilai tambah (added value) bagi nasabah.

Pada tahun 2020, Astra Life menjadi salah satu dari hanya sembilan perusahaan asuransi yang mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk melakukan penyesuaian proses pemasaran Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI) secara daring tanpa adanya tatap muka. Selain itu, Astra Life bersama PermataBank melakukan kolaborasi digital dengan memperkenalkan e-bancassurance untuk menawarkan produk perlindungan berbasis online melalui aplikasi PermataMobileX.

Pencapaian di awal tahun 2021 ini menunjukkan tekad Astra Life untuk menguatkan posisinya di Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa yang menjawab kebutuhan masyarakat. Terlebih saat ini Astra Life sudah berada dibawah naungan penuh grup Astra.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar