c

Selamat

Jumat, 7 November 2025

EKONOMI

01 Agustus 2023

13:37 WIB

Gandeng Pos Indonesia, Bank Muamalat Optimalkan Potensi Bisnis

Bank Muamalat dan Pos Indonesia diharapkan dapat mengoptimalkan potensi bisnis khususnya dalam hal diversifikasi layanan dan ekspansi pasar.

Editor: Fin Harini

Gandeng Pos Indonesia, Bank Muamalat Optimalkan Potensi Bisnis
Gandeng Pos Indonesia, Bank Muamalat Optimalkan Potensi Bisnis
Penandatanganan Perjanjian Induk antara PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Bank Muamalat Tbk. Bank Muamalat/Dok

JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerja sama strategis dengan PT Pos Indonesia dalam lingkup layanan transaksional, pembiayaan syariah, investasi, serta ekosistem haji dan umrah.  

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan, Bank Muamalat dan Pos Indonesia merupakan mitra bisnis yang sudah menjalin kerja sama sejak lama. Melalui sinergi terbaru ini, kedua perusahaan diharapkan dapat mengoptimalkan potensi bisnis khususnya dalam hal diversifikasi layanan dan ekspansi pasar.  

“Bank Muamalat dan Pos Indonesia sudah punya sejarah panjang dalam hal kemitraan bisnis sebelumnya. Masing-masing perusahaan juga punya keunggulan yang dapat disinergikan. Oleh karena itu, kami optimistis inisiatif terbaru ini akan membawa benefit bagi kedua belah pihak serta dapat meningkatkan penetrasi layanan keuangan syariah di Indonesia,” ujarnya lewat siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (1/8).  

Baca Juga: Bank Muamalat Galang Kampanye #HajiAnakHebat

Lewat kerja sama ini, nasabah Bank Muamalat akan dapat melakukan setor dan tarik tunai melalui kantor layanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia di seluruh wilayah Tanah Air. 

Kedua perusahaan juga akan bekerja sama dalam pemanfaatan layanan jasa keuangan terkait penghimpunan dan penyaluran dana.

Indra menjelaskan, Pos Indonesia akan menjadi mitra Bank Muamalat dalam penyaluran pembiayaan kepada nasabah Bank Muamalat melalui Pospay dan Pospay Kios Syariah. 

Selain itu, nasabah bank syariah pertama di Indonesia ini juga dapat melakukan pembayaran angsuran pembiayaan syariah melalui kantor Pos dan Pospay.

Dalam hal investasi, kerja sama ini juga akan berperan sebagai sub agen dari Bank Muamalat dalam mendistribusikan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang membuka kesempatan bagi nasabah untuk berinvestasi dengan potensi keuntungan yang optimal dan sesuai prinsip syariah.

Adapun terkait layanan ekosistem haji dan umrah, nasabah Bank Muamalat dapat membuka rekening, melakukan setoran tabungan haji/umrah, mendaftarkan porsi haji dan memantau perkembangan porsi haji melalui jaringan Pos Indonesia dan Pospay. Bank Muamalat maupun Pos Indonesia berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi para calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah ke tanah suci.

Baca Juga: PosAja, Upaya PT Pos Tingkatkan Kinerja

Sebelumnya, Bank Muamalat mendorong masyarakat untuk mempersiapkan ibadah haji anak sedini mungkin dengan menggalang kampanye #HajiAnakHebat. Kampanye ini ditujukan untuk membantu orang tua dalam melakukan perencanaan tabungan anak dalam rangka persiapan dana kebutuhan haji di masa depan.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi negara penyumbang jemaah umrah terbesar di dunia pada 2022. Pada musim umrah yang dimulai 30 Juli 2022, total jemaah umrah dari seluruh dunia mencapai 1.964.000 orang per 15 November 2022. Dari jumlah itu, jemaah umrah asal Indonesia mencapai 551.000 jemaah atau setara 28,05% dari total jemaah umrah sedunia.

Indonesia menggeser Pakistan yang sebelumnya menjadi negara dengan jumlah jemaah umrah paling banyak. Pada musim umrah kali ini, jemaah dari Pakistan sebanyak 370.083 orang. India dan Mesir ada di urutan ke tiga dan empat, masing-masing sebanyak 230.000 jemaah dan 100.000 jemaah.

Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji untuk Indonesia pada 1445 Hijriah/2024 sebanyak 221.000. Demikian isi surat dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada masing-masing negara pengirim jemaah haji.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar