Selamat

Kamis, 05 Agustus 2021

21 Juli 2021|19:38 WIB

Diskon Tarif Listrik 50% Diperpanjang

Pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA mendapat diskon 50% dan pelanggan dengan daya 900 VA sebesar 25%

Penulis: Yoseph Krishna,

Editor: Faisal Rachman

ImageSeorang pelanggan memasukkan pulsa token listrik di rumahnya di Ampenan, Mataram, NTB, Sabtu (15/8/2 020). Dok. Antara Foto

JAKARTA – Di tengah pelaksanaan PPKM Darurat, pemerintah kembali melanjutkan pemberian stimulus ketenagalistrikan. Di antaranya berupa diskon tarif tenaga listrik, pembebasan biaya beban atau abonemen 50%, hingga pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum 50% sampai akhir tahun ini.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril melalui keterangan tertulis, Rabu (21/7) menyebut diskon tarif listrik 50% ditujukan bagi pelanggan golongan rumah tangga, bisnis, dan industri dengan daya 450 VA.

"Sementara untuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi mendapatkan diskon 25%," ujar Bob di Jakarta, Rabu (21/7).

Ia menjelaskan, diskon tersebut akan diberikan secara langsung kepada pelanggan. Untuk golongan pascabayar, pelanggan akan mendapat diskon dengan potongan langsung pada tagihan rekening listrik. Sementara, pelanggan prabayar akan mendapat diskon saat pembelian token listrik.

"Untuk pelanggan prabayar dengan daya 450 VA, stimulus akan didapat ketika membeli token listrik. Pelanggan tidak perlu lagi mengakses token, baik lewat website ataupun sosial media PLN," tegasnya.

Kemudian pelanggan yang mendapatkan stimulus dalam bentuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, Bob menjelaskan, pemberian stimulus dilaksanakan secara otomatis.

Maksudnya, PLN akan memotong tagihan rekening listrik pelanggan sosial, bisnis, dan industri. Bob pun menegaskan potongan sebesar 50% itu hanya berlaku untuk biaya beban atau abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

"Kami akan berikan potongan 50% untuk biaya beban atau abonemen dan pemakaian rekening minimum kepada pelanggan sosial, bisnis, dan industri," kata Bob.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengatakan, PLN bersama Kementerian ESDM turut membuka layanan pengaduan bagi pelanggan terkait stimulus ketenagalistrikan melalui aplikasi PLN Mobile. Kemudian jika ada pengaduan yang tidak selesai, masyarakat diimbau untuk melapor lewat surat elektronik.

"Jika tidak selesai lewat PLN 123, masyarakat dapat menyampaikan pengaduan konsumen listrik ke Kementerian ESDM lewat konsumen.listrik@esdm.go.id," jelasnya.

Sekadar informasi, anggaran pemberian stimulus program ketenagalistrikan kuartal III dan IV 2021 dialokasikan sekitar Rp4,97 triliun. Rinciannya, di kuartal III sekitar Rp2,43 triliun untuk 26,82 juta pelanggan dan kuartal IV sekitar Rp2,54 triliun untuk 27,12 juta pelanggan.
 
 Pada semester I tahun 2021, realisasi anggaran stimulus mencapai Rp6,75 triliun untuk 32,90 juta pelanggan. Total anggaran yang dibutuhkan untuk pemberian stimulus program ketenagalistrikan hingga kuartal IV tahun 2021 sendiri sekitar Rp11,72 triliun. Rinciannya, diskon tarif sekitar Rp9,46 triliun dan pembebasan rekening minimum, biaya beban serta abonemen sekitar Rp2,26 triliun.

 

Petugas memeriksa meteran listri lenghuni apartamen Petamburan, Jakarta. dok. Antara Foto

 


Posko Siaga
Selain stimulus, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM sendiri menyatakan akan menggelar posko siaga darurat covid-19 subsektor ketenagalistrikan, selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali.
 
"Selain memantau kondisi kelistrikan nasional, tim juga memantau kejadian khusus pemadaman listrik yang diakibatkan dari gangguan teknis di instalasi ketenagalistrikan ataupun disebabkan dari kondisi cuaca ekstrim sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat selama PPKM," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Munir Ahmad.
 
Posko siaga, kata dia, dilaksanakan secara daring bersama tim PLN yang bertugas memonitor dan melaporkan kondisi kelistrikan dan keandalan pasokan objek vital. Seperti industri produsen oksigen, rumah sakit rujukan, Palang Merah Indonesia (PMI), kantor kepolisian daerah, hingga Istana Presiden dan Wakil Presiden.
 
Menurutnya, selama dua pekan pelaksanaan posko tersebut secara umum kondisi pasokan listrik dilaporkan berada dalam kondisi aman. Daya mampu pasok tercatat sebesar 41,85 gigawatt dan beban puncak sebesar 34,24 gigawatt. Sehingga kapasitas cadangan daya keseluruhan sebesar 7,61 gigawatt atau setara 22,22 persen dari total daya pasok.
 
Suplai listrik di 745 rumah sakit rujukan covid dan 29 produsen oksigen di wilayah Jawa hingga Bali berada dalam kondisi normal dan aman pada laporan Selasa (20/7/2021). Munir menambahkan, posko siaga covid-19 subsektor ketenagalistrikan sempat melaporkan beberapa kejadian khusus yang menyebabkan terjadinya pemadaman di sejumlah daerah dan segera diatasi dengan baik.
 
Selama bertugas di posko siaga ketenagalistrikan, petugas membuat laporan kondisi kelistrikan nasional, terutama lokasi prioritas untuk dijadikan acuan. Laporan harian itu disampaikan kepada Menteri ESDM melalui Direktur Jenderal Ketenagalistrikan.
 
Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kanal pengaduan konsumen listrik yang telah disiapkan oleh PLN dan Kementerian ESDM, untuk melaporkan apabila terjadi gangguan kelistrikan selama masa PPKM di Jawa dan Bali.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER