c

Selamat

Jumat, 19 April 2024

EKONOMI

26 Juli 2021

10:33 WIB

CIMB Niaga Luncurkan Dua Program Pembiayaan Berkelanjutan 

Keduanya mendukung pencegahan dampak perubahan iklim, ekonomi rendah karbon, dan tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Faisal Rachman

CIMB Niaga Luncurkan Dua Program Pembiayaan Berkelanjutan 
CIMB Niaga Luncurkan Dua Program Pembiayaan Berkelanjutan 
Ilustrasi CIMB Niaga. Antara Foto/Yudhi Mahatma

JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk memantapkan langkahnya menuju bisnis berkelanjutan, dengan meluncurkan dua program pembiayaan. Keduanya adalah, Sustainability Linked-Loan/Financing dan Sustainable Financing. 

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei mengatakan, inisiatif tersebut menjadikan CIMB Niaga sebagai salah satu pionir perbankan Indonesia, dalam menyediakan produk yang berkontribusi positif untuk kelestarian lingkungan dan sosial. 

"CIMB Niaga sebagai lembaga keuangan menjalankan perannya, antara lain melalui peluncuran program SLL yang dapat mendorong perilaku keberlanjutan dari para nasabah dengan meningkatkan kinerja lingkungan dan sosial mereka,” ujar Fransiska seperti dilansir Senin (26/7). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, program Sustainability Linked Loan/Financing (SLL) merupakan program pembiayaan yang menawarkan insentif bagi nasabah CIMB Niaga yang berhasil mencapai target terkait sustainability (Sustainability Performance Target/SPT), sesuai kesepakatan bersama di awal program. 

Melalui SPT tersebut, CIMB Niaga mendorong nasabah untuk menerapkan praktik-praktik bisnis keberlanjutan dan menciptakan dampak positif melalui aktivitas usaha nasabah.  Adapun, Program Sustainable Financing ditujukan kepada nasabah pembiayaan CIMB Niaga yang bergerak di bidang usaha berwawasan lingkungan atau sosial. 

Nasabah yang mengimplementasikan program ini, kata Fransiska, akan mendapat insentif dari CIMB Niaga. Sehingga, dapat meningkatkan motivasi untuk terus mengembangkan usaha yang sejalan dengan prinsip berkelanjutan. 

Untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang berpegang kepada prinsip Syariah, program SLL dan Sustainable Financing juga dapat diberlakukan dengan memenuhi ketentuan dan kriteria yang sesuai dengan syariah compliance. 

“Kami menyadari, implementasi sustainability tidak dapat dilakukan sendiri, namun perlu kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan untuk membentuk ekosistem pembiayaan berkelanjutan," tambah Fransiska. 

Menurutnya, kedua program tersebut sekaligus menjadi unique value proposition bagi CIMB Niaga yang memiliki program tersebut. Hal ini juga selaras dengan pesan keberlanjutan CIMB Niaga #SekarangUntukMasaDepan (#ThankYouFromTomorrow). 

OCTO Mobile
Sementara itu, aplikasi digital banking dari Bank CIMB Niaga, OCTO Mobile siap mendukung nasabah untuk tetap produktif meski berada di rumah, selama penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Dengan dibekali fitur lengkap layaknya Super Apps, Bank CIMB Niaga menyebutkan OCTO Mobile memudahkan beragam aktivitas perbankan secara sehat dan aman. Aktivitas tersebut mulai dari menabung, bertransaksi, berinvestasi, meminjam dana sesuai kebutuhan, hingga beragam layanan penunjang. 

Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi menambahkan, dalam situasi saat ini, OCTO Mobile dapat menjadi solusi. Khususnya bagi nasabah yang membutuhkan layanan perbankan langsung dari ponsel kapan saja, tanpa harus keluar rumah. 

Bambang menjelaskan, keunggulan OCTO Mobile di antaranya nasabah tetap dapat aktif memenuhi kebutuhan finansial dengan nyaman. Untuk kebutuhan tabungan, misalnya, OCTO Mobile menyediakan beragam jenis tabungan, termasuk tabungan berjangka dan tabungan valuta asing (valas) baik konvensional maupun syariah. 

"Masyarakat yang belum memiliki tabungan dapat membuka tabungan pertama secara praktis di OCTO Mobile, karena seluruh proses verifikasi dilakukan melalui aplikasi," terangnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (11/7). 

Adapun untuk menunjang aktivitas finansial sehari-hari, nasabah dapat mengoptimalkan fitur-fitur transaksi yang ada di OCTO Mobile. Di antaranya, transfer tanpa biaya ke bank lain sebanyak 20 kali per bulan, Top-Up e-Wallet tanpa biaya hingga 20 kali per bulan ke berbagai e-Wallet populer. 

Kemudian, membayar beragam tagihan, seperti kartu kredit, telepon, angsuran, hingga Pajak Kendaraan Bermotor serta Pajak Bumi dan Bangunan. Juga, belanja menggunakan berbagai sumber dana, dan tarik setor tunai tanpa kartu di seluruh ATM CIMB Niaga. 

Bahkan, nasabah juga tidak perlu bersentuhan dengan benda lain ketika harus bertransaksi di merchant karena tersedia layanan Scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

“Bagi nasabah yang ingin berinvestasi atau membeli proteksi juga bisa difasilitasi melalui OCTO Mobile. Kami menyediakan beragam produk investasi mulai dari reksa dana, obligasi, dan deposito berjangka,” ujar Bambang. 

Tak hanya itu, lanjut dia, untuk kebutuhan proteksi, OCTO Mobile juga menyediakan fitur pembelian asuransi jiwa, kesehatan, perjalanan, dan asuransi pencurian. Semua itu diklaimnya dapat dilakukan dengan sehat dan aman dari rumah saja. 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar