c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

13 Maret 2025

20:43 WIB

BSI Siapkan Rp42,88 Triliun Penuhi Kebutuhan Nasabah Saat Lebaran

Kebiasaan masyarakat Indonesia memperingati Idulfitri adalah bersilaturahmi dengan sanak kerabat, sehingga turut mendorong peningkatan kebutuhan terhadap uang tunai.

<p>BSI Siapkan Rp42,88 Triliun Penuhi Kebutuhan Nasabah Saat Lebaran</p>
<p>BSI Siapkan Rp42,88 Triliun Penuhi Kebutuhan Nasabah Saat Lebaran</p>

Wakil Direktur Utama BSI Bob T Ananta (kiri) menyapa nasabah (kanan) yang sedang bertransaksi, di PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Kantor Cabang The Tower Jakarta. ANTARA/BSI

JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI menyediakan uang tunai sebesar Rp42,88 triliun. Jumlah ini naik 14% dibandingkan penyediaan pada 2024, untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah menjelang Idulfitri 1446 Hijriah.

Wakil Direktur Utama BSI Bob T Ananta mengatakan, pihaknya memahami meningkatnya kebutuhan transaksi nasabah selama momen Idulfitri, karena kegiatan mudik dan kebutuhan hari raya lainnya.

“Kebiasaan masyarakat Indonesia memperingati Idul Fitri adalah melakukan silaturahmi dengan sanak kerabat, sehingga turut mendorong peningkatan kebutuhan terhadap uang tunai,” kata Bob dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (13/3).

Bob menambahkan, persediaan uang tunai BSI akan disebarkan untuk memenuhi jaringan ATM dan kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kebutuhan uang tunai di cabang naik 9% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Sementara untuk kebutuhan ATM meningkat 33% dibandingkan dengan tahun lalu.

Bob menambahkan, nominal uang tunai yang disiapkan BSI tersebut telah disesuaikan dengan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 44,58% pada periode libur Idulfitri. “Kami memperkirakan puncak transaksi tunai akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang Hari Raya Idulfitri hingga periode libur selesai,” ujar Bob.

Layanan Terbatas
Selain kesediaan uang tunai, BSI juga mengoperasikan 670 cabang di seluruh Indonesia dalam bentuk layanan terbatas pada 1 Maret 2025 hingga 7 April 2025. Pelayanan terbatas di cabang tersebut mencakup setor tunai, tarik tunai antarrekening BSI.

BSI, ujar Bob, juga siap melayani nasabah melalui semua channel seperti ATM dengan jumlah lebih dari 5.000 unit, super app BYOND by BSI, layanan operasional seluruh kantor cabang BSI termasuk juga layanan BSI Call Center 14040. Nasabah juga dapat memanfaatkan transaksi melalui lebih dari BSI Agen, BSI Net, BSI QRIS.

Bob mengatakan, sebanyak 110 ribu BSI Agen siap membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antarrekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya yang mudah diakses masyarakat.

Sesuai dengan arahan Bank Indonesia, seluruh perbankan diimbau untuk menyediakan layanan penukaran uang layak edar bagi nasabah maupun masyarakat sesuai dengan alokasi yang ditetapkan bank sentral.

Adapun, BSI telah menyediakan layanan melalui mobil kas keliling dan kantor cabang bersama Bank Indonesia sesuai jadwal pada masing-masing kantor perwakilan (KPw) Bank Indonesia setempat.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar