c

Selamat

Minggu, 28 April 2024

EKONOMI

28 Maret 2024

20:22 WIB

BI Siapkan Layanan Penukaran Uang Rupiah Di Sepanjang Jalur Mudik

Bank Indonesia mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp197,6 triliun, guna mencukupi keperluan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H

Editor: Faisal Rachman

BI Siapkan Layanan Penukaran Uang Rupiah Di Sepanjang Jalur Mudik
BI Siapkan Layanan Penukaran Uang Rupiah Di Sepanjang Jalur Mudik
Ilustrasi. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Warsono berbincang dengan masyarakat yang sedang melakukan penukaran uang layak edar melalui kas keliling di Gor Kota Baru, Kota Jambi, Selasa (26/3/2024). dok.BI Jambi

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan komitmennya untuk menyediakan layanan penukaran uang rupiah di jalur mudik. Hal ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap penukaran rupiah menjelang perayaan Lebaran 2024.

"Salah satu program kita adalah layanan untuk penukaran layanan mudik di mana kita membuka layanan penukaran di titik-titik jalur mudik masyarakat," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim dalam acara layanan kas keliling terpadu BI dan perbankan di Istora Senayan Jakarta, Kamis (28/3).

Untuk diketahui, sebagai wujud komitmen BI untuk memenuhi ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat, Bank Indonesia mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp197,6 triliun, guna mencukupi keperluan penukaran uang rupiah pada momen Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

Dalam periode 2-5 April 2024 Bank Indonesia menambah lokasi layanan penukaran di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di rest area jalan tol dan hub transportasi seperti pelabuhan, stasiun kereta dan bandara. Khusus untuk wilayah Jakarta, titik layanan penukaran uang rupiah di jalur mudik berada di rest area KM 57.

Kantor Perwakilan BI di daerah juga turut menyediakan layanan penukaran rupiah di jalur mudik seperti BI Cirebon, BI Tegal, BI Semarang hingga BI Surabaya akan membuka layanan di titik-titik tol di daerah setempat. Dengan begitu, masyarakat yang mudik dari Jakarta akan menjumpai beberapa titik layanan.

Layanan penukaran rupiah juga dibuka di jalur penyeberangan laut seperti di Pelabuhan Bakauheni di Lampung. "Jadi di titik-titik mereka mudik kami berikan layanan penukaran," ujar Marlison.

Untuk layanan penukaran uang rupiah baik melalui kas keliling kecuali kas keliling Susur Sungai, layanan penukaran terpadu, dan BI Peduli Mudik, masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (Pintar). Namun, jika belum sempat mendaftar melalui Aplikasi Pintar, masyarakat tetap dapat menukarkan uangnya di layanan penukaran rupiah di jalur mudik.

Jawa Tengah dan DIY
 untuk wikayah Jawa Tengah dan DIY, Bank Indonesia mempersiapkan 418 titik layanan penukaran dengan uang layak edar sebesar Rp25,6 triliun pada Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah. Kepala Perwakilan BI Provinsi Jateng Rahmat Dwisaputra, di Semarang, Rabu, menyebutkan, khusus wilayah Kota Semarang dan sekitarnya disiapkan uang layak edar Rp10,1 triliun atau naik 13% dibandingkan tahun lalu.

Menurut dia, sinergi antarKPwBI se-Jateng, yang meliputi wilayah kerja KPwBI Semarang, Solo, Purwokerto, Tegal, dan KPwBI DIY dilaksanakan untuk memenuhi ketersediaan uang, memberikan layanan kas dan edukasi rupiah. Kehadiran uang rupiah yang layak edar dalam jumlah dan pecahan yang sesuai kebutuhan masyarakat melalui layanan kas yang prima, lanjut dia, diharapkan dapat melengkapi kebahagiaan masyarakat di bulan suci Ramadan.

Ia menjelaskan, seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang tersebut dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, dengan tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".

Kegiatan yang dilaksanakan setiap setahun sekali itu diselenggarakan oleh BI dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat atas uang Rupiah pada periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024. Terhitung mulai 20 Maret-5 April 2024, masyarakat dapat melakukan penukaran uang rupiah di 418 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh wilayah Jateng dan DIY.

"Khusus untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, BI bersama perbankan akan menyediakan layanan penukaran uang Rupiah di 91 titik termasuk layanan penukaran uang terpadu pada 25 Maret-3 April 2024," serunya.

Untuk lokasinya, yakni di Lapangan Parkir Barat KPwBI Provinsi Jateng, di beberapa pertokoan/ pasar tradisional dan beberapa instansi. Selanjutnya, mulai tanggal 4 sampai 5 April 2024, BI juga menambah lokasi layanan penukaran uang di jalur mudik melalui Program BI Peduli Mudik, yaitu di stasiun kereta api.

Untuk periode tersebut, BI Jateng akan membuka layanan penukaran uang rupiah khusus untuk pemegang tiket/ pengguna jasa kereta api di Stasiun Tawang serta Stasiun Poncol, Semarang. Rahmat mengatakan, BI mengajak masyarakat mengoptimalkan penggunaan media transaksi nontunai atau QRIS pada saat melakukan penukaran uang, baik melalui kas keliling, layanan penukaran terpadu, maupun BI peduli mudik.

BI juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan penukaran uang melalui perantara. Karena terdapat potensi risiko seperti ketidaksesuaian jumlah nominal uang yang dipertukarkan, kemungkinan menerima uang palsu, serta pungutan biaya yang dikenakan perantara.

 

 

Powered by Froala Editor


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar