c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

18 Juni 2022

16:37 WIB

BCA-Blibli Ajak Masyarakat Berlibur ke Desa Wisata

Kegiatan ini merupakan kelanjutan kerja sama Bakti BCA dan Blibli.com dalam mendukung desa wisata yang menjadi masuk dalam program Digitalisasi Desa Binaan Bakti BCA.

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Fin Harini

BCA-Blibli Ajak Masyarakat Berlibur ke Desa Wisata
BCA-Blibli Ajak Masyarakat Berlibur ke Desa Wisata
Pengunjung berswafoto di kebun teh Cikuya, Lebak, Banten beberapa waktu lalu. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkolaborasi dengan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) dalam memudahkan para wisatawan lokal dan asing untuk berlibur ke desa wisata, khususnya desa wisata binaan Bakti BCA. Kegiatan ini merupakan kelanjutan kerja sama Bakti BCA dan Blibli.com dalam program Digitalisasi Desa Binaan Bakti BCA. 

EVP Corporate Social Responsibility BCA, Inge Setiawati mengungkapkan, tujuan utama dari kolaborasi ini adalah peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. 

Seperti yang diketahui, salah satu sektor yang terdampak pada masa pandemi covid-19 adalah sektor pariwisata. Kini, adanya pelonggaran protokol kesehatan, turut memberikan angin segar bagi industri pariwisata. 

"Tentunya BCA mendukung penuh dan terus memberikan inisiatif program yang menarik untuk mendorong pariwisata di desa wisata binaan kami. Kerja sama yang kami jalin dengan Blibli juga merupakan bentuk pendampingan untuk desa wisata yang telah menggunakan teknologi digital serta mengajak seluruh perangkat desa untuk memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk pemasaran” ujar Inge dalam keterangan resmi yang diterima Validnews, Sabtu (18/6). 

Lebih lanjut, pada kesempatan ini, terdapat 10 desa wisata binaan Bakti BCA yang berpartisipasi dalam program promosi. Yakni, Wirawisata Goa Pindul, Desa Wisata Pentingsari, Wisata Wayang Desa Wukirsari, Desa Wisata Tamansari, Doesoen Kopi Sirap, Kampung Batik Gemah Sumilir, Bukit Peramun, Wisata Aik Rusa Berehun, Kampung Adat Sijunjung, dan Nagari Silokek. 

Selama program berlangsung, kata Inge, BCA dan Blibli menjalankan program pendampingan dan pelatihan bagi para pengurus desa wisata. Di antaranya, pelatihan pemanfaatan fitur-fitur di aplikasi Blibli.com, program promosi, dan mengelola toko online untuk memaksimalkan pemasaran desa wisata.  

Inge menyebutkan, bagi nasabah BCA, Blibli memberikan penawaran diskon hingga Rp50 ribu untuk paket tour menjelajah keindahan dan keunikan budaya desa wisata binaan Bakti BCA, serta pembelian produk buatan desa wisata. Adapun, periode promo sampai dengan 31 Desember 2022. 

"Untuk menikmati potongan harga pembelian produk desa wisata dapat menggunakan kode voucher BLI-DESAWISATAPRODUK, sedangkan untuk paket wisata BLI-DESAWISATATRAVEL," terangnya. 

Pemasaran Meluas
Sementara itu, Senior Vice President of Seller Sales Operation & Development Blibli, Geoffrey L. Dermawan mengungkapkan bahwa pihaknya bangga dapat terlibat kembali di tahun kedua program Bakti BCA dalam mendigitalisasi desa wisata. 

Program ini bertujuan untuk mengembangkan pemasaran produk wisata dan produk fisik, seperti kuliner, kriya, dan fesyen, yang dapat menopang perekonomian desa wisata. 

"Berbagai produk tersebut dipasarkan melalui platform omnichannel commerce Blibli untuk akses pasar yang lebih luas, dengan dukungan pendampingan dari tim khusus Blibli dalam mengelola toko dan promo, untuk optimalisasi pemasaran berbagai produk yang dimiliki tiap desa wisata," ujar Geoffrey. 

Berdasarkan hasil analisis produk yang dilihat dari tren transaksi, terdapat beberapa produk terbaik yang menjadi favorit pengguna Blibli, antara lain selendang batik Gemah Semilir, coffee drip dengan biji kopi hasil dari Doesoen Kopi Sirap, madu Trigona dari Aik Rusa Berehun, dan kerajinan dari desa wisata Wayang Wukirsari.  

Menurut salah satu pengurus Kampung Batik Gemah Sumilir, sejak bergabung dalam program kolaborasi BCA bersama Blibli, Kampung Batik Gemah Sumilir makin dikenal pasar. 

"Selama proses pendampingan, banyak manfaat yang kami dapatkan. Di antaranya, pengetahuan mengenai mengelola toko secara online dan juga strategi pemasaran, sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi di desa. Saat ini, kami berusaha menambah jumlah produk dengan membuat aneka souvenir juga,” katanya. 

Sebagai informasi, program Solusi Bisnis Unggul merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) yang dimiliki oleh BCA untuk pembinaan terhadap UMKM, komunitas dan desa yang mempunyai potensi pariwisata dan edukasi budaya. 

BCA melalui program Bakti BCA sudah mengembangkan 12 desa wisata binaan yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali. Pada 2021, BCA juga menggelar BCA Desa Wisata Award 2021 yang menjadi ajang bersinarnya desa-desa wisata di seluruh Indonesia. 

“Upaya kami merangkul perangkat desa wisata untuk mengembangkan bisnis UMKM di tengah pandemi juga merupakan bentuk perwujudan pilar-pilar pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Kami berharap melalui program promosi ini dapat memberikan dampak positif bagi pelaku bisnis dan juga meningkatkan kunjungan wisata serta menggerakan roda perekonomian di desa,” tutup Inge. 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar