c

Selamat

Kamis, 6 November 2025

EKONOMI

10 Juni 2025

17:41 WIB

Bank Muamalat Catat Transaksi QRIS Di Muamalat DIN Tumbuh 48%

Transaksi QRIS di Muamalat DIN tumbuh sebesar 48% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni mencapai 796 ribu transaksi.

Penulis: Fitriana Monica Sari

<p id="isPasted">Bank Muamalat Catat Transaksi QRIS Di Muamalat DIN Tumbuh 48%</p>
<p id="isPasted">Bank Muamalat Catat Transaksi QRIS Di Muamalat DIN Tumbuh 48%</p>

Nasabah tengah membuka aplikasi mobile banking  Muamalat DIN milik Bank Muamalat Tbk. Sumber: Bank Muamalat 

JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatat transaksi layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di mobile banking Muamalat DIN tumbuh double digit pada kuartal I/2025, baik dari jumlah maupun volume transaksi.

Head of Digital Banking & Marketing Communication Dadang Rohandi mengatakan, sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, tercatat 1,2 juta transaksi QRIS di Muamalat DIN.

Jumlah tersebut tumbuh sebesar 48% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni mencapai 796 ribu transaksi.

"Peningkatan jumlah transaksi QRIS di Muamalat DIN menunjukkan nasabah semakin nyaman bertransaksi secara digital. Selain itu, transaksi menjadi lebih praktis, aman, serta higienis karena mengurangi penggunaan uang tunai," ujar Dadang dalam keterangan resmi, Selasa (10/6).

Baca Juga: Bank Muamalat dan Shafira Luncurkan Kartu Debit Untuk Jemaah Haji

Pionir bank syariah di Indonesia ini juga mencatat volume transaksi QRIS pada kuartal I/2025 mencapai Rp209 miliar, atau tumbuh sekitar 91% dibandingkan kuartal I/2024 yang senilai Rp109 miliar. Adapun, jumlah merchant mencapai lebih dari 15 ribu hingga akhir Maret 2025.

Dadang menegaskan Muamalat DIN tidak hanya mampu melayani transaksi QRIS komersial, tapi juga transaksi keuangan sosial keumatan, seperti untuk zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

"Hal tersebut sejalan dengan total benefit yang terus kami upayakan untuk dapat dirasakan oleh nasabah, baik manfaat layanan finansial maupun spiritual," kata Dadang.

Menurut perseroan, peningkatan transaksi di Muamalat DIN membuktikan digitalisasi yang dilakukan membuahkan hasil positif dan meningkatkan daya saing Bank Muamalat.

Terdapat beberapa pengembangan layanan yang dilakukan tahun ini, termasuk pengembangan QRIS hingga penambahan fitur di Muamalat DIN guna mewujudkan digital as a service dan memperkokoh posisi sebagai pelopor perbankan syariah di Indonesia.

Baca Juga: Tabungan Payroll Bank Muamalat Tumbuh Dua Digit Sepanjang 2024

Lebih lanjut, Dadang menuturkan, hingga Maret 2025, aplikasi Muamalat DIN telah digunakan oleh lebih dari 558 ribu user. Muamalat DIN juga terus diperkuat dengan menu dan fitur layanan transaksional dan non transaksional.

Memudahkan nasabah bertransaksi secara digital selaras dengan visi baru Bank Muamalat yang telah dirumuskan, yakni "Menjadi Jalan Hijrah Menuju Berkah".

Visi tersebut, imbuh Dadang, memiliki makna bahwa Bank Muamalat bertekad menjadi solusi hijrah terdepan bagi ekosistem bisnis dan keuangan syariah dengan kinerja keuangan yang berkelanjutan untuk mencapai keberkahan.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar