c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

27 Oktober 2021

15:40 WIB

Bank Mandiri Dorong Transaksi Digital Di Sektor Kepelabuhanan

Dengan adanya Kopra by Mandiri akan melengkapi solusi transaksi digital yang ada saat ini, khususnya di industri pelabuhan

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Dian Kusumo Hapsari

Bank Mandiri Dorong Transaksi Digital Di Sektor Kepelabuhanan
Bank Mandiri Dorong Transaksi Digital Di Sektor Kepelabuhanan
Kopra by Mandiri akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO). Bank Mandiri/Dok.

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk fokus mendukung perkembangan bisnis di sektor kepelabuhanan. Salah satunya adalah bisnis Perusahaan Bongkar Muat (PBM). 

Hal itu diwujudkan perseroan dengan memperkenalkan layanan transaksi digital teranyar segmen wholesale bertajuk Kopra by Mandiri kepada 419 PBM yang hadir dalam acara Musyawarah Nasional (MUNAS) VIII Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) 2021 yang digelar di Jakarta, Selasa (26/10). 

RCEO Kanwil 3 Jakarta 1 Bank Mandiri, Ali Usman mengatakan, Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri dilengkapi dengan fitur digital single access, untuk mempermudah aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi ekosistem bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale beserta value chain-nya dari hulu ke hilir. 

"Kopra by Mandiri akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO), dengan fitur Cash Management, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, serta Online Custody," kata Ali dalam keterangan di Jakarta, Rabu (27/10). 

Sementara itu, lanjut dia, untuk memenuhi kebutuhan nasabah wholesale, Kopra by Mandiri dilengkapi dalam tiga varian layanan. Yakni, Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership yang menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah wholesale

“Dengan adanya Kopra by Mandiri ini akan melengkapi solusi transaksi digital yang ada saat ini, khususnya di industri pelabuhan. Beberapa solusi transaksi kepelabuhanan yang telah digunakan oleh PBM adalah Mandiri Auto Collection H2H, Mandiri Debit Port Community Card dan Mandiri Port Value Chain Financing,” ujar Ali. 

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan, Mandiri Auto Collection H2H merupakan layanan yang membantu Perusahaan Bongkar Muat (PBM) dalam melakukan pembayaran kepada Port Operator melalui otomasi pemindahan dana sesuai tagihan. 

Sedangkan, Mandiri Debit Port Community Card dapat memudahkan pembayaran jasa kepelabuhan dengan kartu debit khusus yang hanya bisa digunakan di wilayah kepelabuhan serta memiliki limit transaksi khusus. 

Sementara itu, Mandiri Port Value Chain Financing merupakan fasilitas pembiayaan bagi pengguna jasa kepelabuhanan atau vendor Port Operator. 

Dengan solusi digital yang semakin lengkap, bank pelat merah ini berharap dapat senantiasa memenuhi kebutuhan Nasabah dan mendukung terciptanya cashless society khususnya di sektor kepelabuhanan. 

"Sebagai tambahan, sampai dengan akhir Agustus 2021 (year-to-date/YTD) transaksi wholesale channel Bank Mandiri tercatat sebanyak 123 juta transaksi dengan nilai transaksi mencapai Rp6.449 triliun," tutupnya. 

Raih Penghargaan
Sebelumnya, Direktur Information Technology Bank Mandiri, Timothy Utama menjelaskan, Digital Super Platform Kopra by Mandiri merupakan layanan digital single access yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis para pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir. 

Menurutnya, Kopra by Mandiri dihadirkan sebagai pionir wholesale super platform di industri perbankan nasional yang menawarkan agregasi layanan digital untuk pelaku bisnis dalam satu akses yang terbagi dalam tiga varian. Yakni, Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership

"Kopra Portal merupakan varian pertama Kopra yang menyediakan single access portal untuk memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam mengakses layanan portal digital existing Bank Mandiri," terang Tim dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (8/10) lalu.

Tim mengatakan, konsep perbankan digital terintegrasi disediakan melalui varian kedua, yaitu Kopra Host to Host dengan teknologi berbasis API yang memberi kemudahan nasabah dalam melakukan inisiasi, otorisasi dan kontrol transaksi melalui sistem nasabah yang terhubung langsung dengan sistem bank. 

Varian ketiga, yaitu Kopra Partnership menyediakan perluasan akses keuangan digital dan inklusi keuangan nasabah melalui partnership atau kemitraan dengan pihak-pihak di luar Bank Mandiri yang memiliki kapabilitas sebagai business enabler. 

Kehadiran Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri, lanjut Tim, memungkinkan nasabah, debitur, hingga pelaku usaha saling terkoneksi dengan layanan perbankan terandal yang ditawarkan oleh Bank Mandiri. 

“Kami yakin, layanan digital Bank Mandiri mampu membantu nasabah terus tumbuh dan naik kelas melalui kemudahan transaksional di dalam ekosistem digital yang saling terhubung melalui Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri,” pungkas Tim. 

Dengan hadirnya solusi digital ini, Bank Mandiri menargetkan peningkatan jumlah user mobile banking menjadi dua kali lipat di akhir tahun 2021 dibandingkan tahun lalu. Saat ini, jumlah pengguna mobile banking sudah mencapai lebih dari 8 juta pengguna terdaftar. Di sisi lain, jumlah pengguna layanan wholesale sudah mencapai lebih dari 500 ribu pengguna. 

Atas keberhasilan transformasi Mandiri Digital, Bank Mandiri berhasil meraih penghargaan Best Digital Bank 2021 dalam ajang Asiamoney Best Bank Awards 2021.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar