Selamat

Senin, 16 Mei 2022

EKONOMI | Validnews.id

EKONOMI

20 Januari 2022

08:50 WIB

Aprindo Siap Dukung Penuh Inisiasi Minyak Goreng Satu Harga

Aprindo menggaransi harga minyak goreng Rp14.000/liter tersedia di seluruh gerai anggota ritel modern di seluruh wilayah Indonesia, terhitung sejak Rabu (19/1).

Penulis: Khairul Kahfi,

Editor: Dian Kusumo Hapsari

Aprindo Siap Dukung Penuh Inisiasi Minyak Goreng Satu Harga
Karyawan menyusun minyak goreng kemasan yang dijual di salah satu minimarket di Palembang, Sumatera Selatan. ANTARAFOTO/Nova Wahyudi

JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mendukung penuh implementasi program minyak goreng satu harga yang diinisiasi pemerintah, untuk seluruh lapisan masyarakat. 

Aprindo menggaransi harga minyak goreng Rp14.000/liter tersedia di seluruh gerai anggota ritel modern di seluruh wilayah Indonesia, terhitung sejak Rabu (19/1).

Ketua Umum Aprindo Roy N Mandey menyebutkan, implementasi ini merupakan dukungan peritel modern kepada Kemendag melalui koordinasi intensif. Terhadap kebijakan minyak goreng satu harga di seluruh wilayah Indonesia sesuai permendag. 

"Aprindo tentu selalu siap mendukung pemerintah menstabilkan harga pangan, sehingga lebih terjangkau dan dapat di belanjakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Di antaranya, (menjaga) kestabilan harga minyak goreng yang bergejolak dan berfluktuasi saat ini," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (19/1).

Sejauh ini, anggota peritel yang tergabung dalam Aprindo menggunakan stok atau persediaan minyak goreng eksisting di setiap gerai dan toko. Dalam menyediakan minyak goreng kemasan sederhana dan premium, dengan ukuran mulai dari 1 liter seharga Rp14.000. 

Pada saat bersamaan, Roy melanjutkan, Aprindo akan menunggu pasokan minyak goreng dari distributor dan produsen yang telah mendapat penugasan pemerintah. 

Masyarakat, sebutnya, dapat memanfaatkan kebijakan untuk membeli minyak goreng terjangkau sebanyak dua liter per konsumen. Hal itu dilakukan, guna pemerataan konsumsi minyak goreng untuk seluruh konsumen, sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat.  

"Dukungan Aprindo ini melalui koordinasi aktif dari seluruh anggotanya, sebagai peran (ritel modern) yang berdiri sejak 28 tahun lalu, hadir dengan seluruh DPD/DPC di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.

Roy berpesan, agar konsumen di seluruh wilayah Indonesia tidak perlu tergesa-gesa, panic buying, hingga khawatir terhadap ketersediaan atau kekurangan minyak goreng di gerai atau toko ritel modern. Karena itu, dirinya mengajak agar masyarakat berbelanja dengan normal dan wajar sesuai kebutuhan. 

Pemerintah, Roy bilang, telah menjamin dan berkomitmen penuh untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga yang stabil dan terjangkau, khususnya minyak goreng. 

Seperti diketahui, pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), telah menyiapkan dana sebesar Rp7,6 triliun. Untuk membiayai penyediaan minyak goreng kemasan bagi masyarakat sebesar 250 juta liter/bulan atau 1,5 miliar liter selama enam bulan. 

Pantauan PIHPS di pasar modern seluruh provinsi, per 19 Januari 2022, harga minyak goreng kemasan bermerek I dan II masih terbilang tinggi, masing-masing dijual di kisaran Rp21.050/kg dan Rp21.850/kg.

"(Jangan lupa) tetap komitmen dan wajib disiplin melaksanakan prokes 3M saat ini, di masa pandemi yang sedang kita tanggulangi bersama. Sehingga selain kebutuhan pokok (minyak goreng) dapat terpenuhi, kesehatan kita tetap terjaga," pungkasnya.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER