c

Selamat

Minggu, 28 April 2024

EKONOMI

28 Maret 2024

19:53 WIB

Aktivitas Trading Tokocrypto Selama Ramadan 2024 Melonjak 40%

Banyak pengguna memanfaatkan waktu sahur untuk melakukan aktivitas perdagangan aset kripto yang bertepatan juga dengan menjelang penutupan pasar Amerika Serikat

Editor: Faisal Rachman

Aktivitas Trading Tokocrypto Selama Ramadan 2024 Melonjak 40%
Aktivitas Trading Tokocrypto Selama Ramadan 2024 Melonjak 40%
Ilustrasi Tokocrypto. dok. Tokocrypto

JAKARTA - Tokocrypto, platform perdagangan aset kripto di Indonesia mengaku, ada perubahan perilaku dari trader yang berbeda di bulan Ramadan saat ini dengan hari biasa. Salh satunyanya adalah, aktivitas trading di momen Ramdan 2024 ini tumbu hingga 40%.

“Fenomena ini menunjukkan betapa pentingnya perayaan Ramadan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, tidak hanya sebagai momen keagamaan tetapi juga sebagai momentum ekonomi yang signifikan," kata CMO Tokocrypto Wan Iqbal, Kamis (28/3).

Dia menjelaskan, selama bulan Ramadan, terdapat perubahan perilaku trading yang menarik untuk diamati. Frekuensi trading pada waktu sahur antara pukul 02.00 WIB hingga 05.00 WIB mengalami peningkatan sebesar 70% dibandingkan dengan sebelum Ramadan.

Hal ini menurutnya menunjukkan, banyak pengguna memanfaatkan waktu sahur untuk melakukan aktivitas perdagangan aset kripto yang bertepatan juga dengan menjelang penutupan pasar Amerika Serikat.

"Perubahan perilaku trading selama bulan Ramadan ini menunjukkan adaptasi dan fleksibilitas pengguna dalam mengatur waktu trading mereka. Peningkatan aktivitas trading di waktu sahur mencerminkan pengguna memanfaatkan waktu luang di pagi hari untuk berinvestasi dan melihat pergerakan perdagangan yang lebih volatil," ungkap Iqbal.

Selama Ramadan tahun ini, lanjutnya, aset kripto yang paling banyak diperdagangkan di Tokocrypto adalah USDT, Solana (SOL), Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), dan PEPE.

Menurut data terbaru, jumlah pengguna terdaftar di Tokocrypto mencapai lebih 4 juta. Selama tiga bulan terakhir, Tokocrypto juga mencatat peningkatan nilai transaksi, dengan kenaikan rata-rata lebih dari 54,1% per bulan, serta transaksi mencapai nilai lebih dari US$550 juta per bulan.

"Pertumbuhan pengguna dan perubahan perilaku trading di Tokocrypto selama Ramadan mencerminkan tren global yang menunjukkan minat yang meningkat dalam investasi kripto. Selain itu, adaptasi pengguna terhadap waktu trading yang berbeda menunjukkan pasar kripto terus berkembang dan menjadi lebih inklusif bagi berbagai segmen masyarakat," jelas Iqbal.

Sebelumnya Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti, Tirta Karma Senjaya mengatakan, pasar kripto Indonesia menunjukkan pertumbuhan dari sisi nilai transaksi dan jumlah investor. Ia menghubungkan pertumbuhan ini dengan sentimen pasar positif yang dipicu oleh lonjakan harga Bitcoin dan reli altcoin.   

"Peningkatan sentimen pasar yang positif, diakibatkan oleh pertumbuhan harga Bitcoin, memberikan dorongan yang kuat bagi pertumbuhan industri kripto secara keseluruhan. Hal ini mencerminkan keyakinan pada kemampuan pasar untuk terus berkembang di masa depan," ujar Tirta dalam pernyataan resmi, beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mencatat, nilai transaksi perdagangan kripto mencapai Rp30 triliun pada Februari 2024. Artinya, ada peningkatan sebesar 39% dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mencapai Rp21,57 triliun pada Januari.  

Jumlah investor kripto juga mengalami lonjakan menjadi 19 juta pada bulan yang sama atau ada penambahan sebanyak 170.000 pengguna baru atau naik sebesar 0,9% sejak Januari 2024.  

Melihat pertumbuhan investor sebelumnya, terjadi peningkatan yang signifikan karena pada periode Desember 2023-Januari 2024 hanya terjadi penambahan sebanyak 32.000 orang. Tirta optimistis tren positif ini akan berlanjut, dan menargetkan pertumbuhan transaksi kripto sepanjang 2024 akan meningkat hingga mencapai Rp800 triliun.


Powered by Froala Editor


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar