14 November 2025
15:21 WIB
Agen BRILink Catat Transaksi Rp1.294 T Dalam 9 Bulan
Terdapat 1,2 juta Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia hingga September 2025, mencakup 66.648 desa atau setara dengan 80% dari total desa di Tanah Air.
Penulis: Fitriana Monica Sari
Petugas melayani nasabah saat setor tunai di salah satu agen BRILink di Ternate, Maluku Utara, Selasa (22/7/2025). ANTARA FOTO/Andri Saputra.
JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI (BBRI) mencatat telah memiliki sekitar 1,2 juta Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia hingga September 2025, mencakup 66.648 desa atau setara dengan 80% dari total desa di Tanah Air.
Direktur Utama BRI Hery Gunardi mengungkapkan, kehadiran jaringan Agen BRILink ini tidak hanya memperluas akses layanan keuangan formal bagi masyarakat di pelosok, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat yang berperan sebagai agen.
“Melalui model bisnis berbasis kemitraan ini, BRI berhasil menciptakan ekosistem inklusi keuangan yang berkelanjutan, di mana masyarakat tidak hanya menjadi pengguna layanan perbankan, tetapi juga bagian dari rantai nilai ekonomi digital yang memberikan dampak sosial dan ekonomi secara langsung di tingkat desa,” ujar Hery dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (14/11).
Hingga akhir September 2025, Agen BRILink juga telah memfasilitasi 826 juta transaksi finansial dengan total volume mencapai Rp1.294 triliun, yang mempertegas perannya sebagai penggerak aktivitas keuangan masyarakat di tingkat grassroot.
Tak hanya melayani kebutuhan transaksi harian, Agen BRILink juga menjadi jembatan yang menghubungkan masyarakat dengan layanan simpanan dan pembiayaan BRI.
Melalui layanan referral, para agen dapat membantu calon nasabah dalam proses pembukaan rekening baru, seperti Tabungan BSA hingga pengajuan pinjaman usaha.
Selama sembilan bulan di tahun 2025, jaringan Agen BRILink telah mencatat 524 ribu referral pinjaman, serta referral simpanan senilai Rp285 miliar.
Karena itu, lanjut Hery, kehadiran Agen BRILink memiliki peran strategis dalam memperluas akses keuangan formal bagi masyarakat. Peningkatan kebutuhan layanan finansial di berbagai daerah menunjukkan bahwa Agen BRILink semakin dibutuhkan untuk menghadirkan layanan perbankan yang mudah dijangkau dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
“Agen BRILink telah menjadi bagian dari ekosistem inklusi keuangan yang mendorong pemerataan ekonomi nasional. Dengan jaringan yang luas, agen turut memperkuat kehadiran BRI di tingkat komunitas dan memastikan layanan keuangan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk di wilayah 3T (Terdepan,Terluar dan Tertinggal),” ujar Hery.
Sebagaimana diketahui, Agen BRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat, bahkan pada periode hari libur. Layanan yang tersedia pun diklaim semakin lengkap, mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, hingga layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman.
Kini, Agen BRILink juga telah memperluas fungsinya dengan melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher, serta pembelian tiket perjalanan, seperti bus, shuttle, dan ferry.
Beragam fitur ini menjadikan Agen BRILink sebagai solusi layanan keuangan yang lengkap, praktis, dan dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.