17 Maret 2021
08:05 WIB
JAKARTA – PermataBank menggandeng Astra Life, resmi meluncurkan produk e-bancassurance terbaru bernama AVA iFamily Protection di PermataMobile X pada hari ini, Selasa (16/3).
Produk asuransi kesehatan untuk keluarga Indonesia ini diklaim sangat mudah diakses, memiliki proses pengajuan yang praktis, pilihan manfaat asuransi beragam, premi terjangkau, hingga fitur polis asuransi elektronik (e-polis) dan tersedia bagi seluruh nasabah PermataBank melalui PermataMobile X.
Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank, Ursula Sista Pravesthi menuturkan, penambahan produk tersebut diharapkan dapat melengkapi pengalaman yang seamless dan terbaik bagi nasabah melalui aplikasi PermataMobile X. Juga, meningkatkan engagement nasabah dengan PermataBank.
"Proses pengajuan yang praktis dan singkat, pilihan manfaat asuransi yang beragam serta premi yang terjangkau hingga fitur polis asuransi elektronik (e-polis) yang dikirim langsung ke alamat e-mail nasabah merupakan beragam keunggulan dari fitur pembelian produk asuransi pada PermataMobile X. Semua proses terjadi dengan fast, reliable, dan simple,” kata Ursula dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (16/3).
Sementara itu, Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life, Ancilla Lily mengatakan pihaknya fokus dalam meningkatkan layanan digital Astra Life untuk kemudahan nasabah.
"Inilah yang menjadi pedoman kami untuk memberikan produk dan layanan terbaik seperti AVA iFamily Protection dengan keunggulan fitur premi kembali 100% sehingga tidak membebani keuangan keluarga, santunan rawat inap hingga Rp3 juta per hari, dan kemudahan proses pembelian secara digital end to end di PermataMobile X, membuat produk ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, so don’t worry I got your back," ujar Ancilla.
AVA iFamily Protection adalah produk perlindungan kesehatan yang memberikan manfaat meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, Santunan Rawat Inap dan Santunan Rawat Inap ICU, serta Manfaat penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat.
AVA iFamily Protection memiliki keunggulan opsi premi kembali 100% pada akhir masa kepesertaan selama polis masih aktif, walaupun sudah pernah melakukan klaim Santunan Rawat Inap dan Santunan Rawat Inap ICU.
Terdapat diskon premi hingga 20% untuk pembelian paket keluarga hingga lima tertanggung tambahan dengan premi mulai dari Rp500 ribu per tahun dan santunan Rawat Inap hingga Rp3 juta per hari.
Saat ini, sudah terdapat lima produk Astra Life di PermataMobileX, yaitu AVA iPlan Protection, AVA iSave Protection, AVA iPro Proteksi Dini, AVA Proteksi Tangguh, dan kini AVA iFamily Protection.
AVA iFamily Protection di PermataMobile X diluncurkan melalui virtual press conference dengan menghadirkan narasumber Ancilla Lily selaku Head of Bancassurance & Direct Business Astra Life, Ursula Sista Pravesthi selaku Head of Wealth Management Retail Liabilities Products & Customer Segment PermataBank, dan Alain Tandi selaku Head of Wealth Management Product PermataBank.
Sadar Pentingnya Asuransi
Pandemi covid-19 secara tidak langsung telah menjadi katalis dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan dan pengaturan finansial. Termasuk nilai penting asuransi untuk memitigasi risiko-risiko kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga.
Kondisi ini dibuktikan oleh survei lembaga riset Nielsen yang mengungkapkan kesadaran masyarakat untuk memiliki produk asuransi jiwa di kota-kota besar di Indonesia belakangan ini meningkat hingga 24%, dari sebelumnya yang hanya single digit.
Menurut Data yang dikeluarkan AAJI pada Maret 2021, jumlah pendapatan premi asuransi jiwa pada kuartal III dan kuartal IV-2020 meningkat sebesar 81,7% dari Rp 50,56 triliun menjadi Rp91,86 triliun dan optimis akan terus meningkat.
Fakta lainnya adalah angka pembayaran klaim terkait kesehatan juga meningkat, yaitu Rp5,22 triliun di kuartal II-2020, menjadi Rp9,88 triliun di kuartal IV-2020.
Astra Life dan PermataBank telah bermitra dengan baik lebih dari enam tahun melalui bentuk kerja sama Bancassurance.
Keduanya berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, termasuk penyediaan produk perlindungan jiwa dan kesehatan oleh Astra Life di dalam PermataMobileX sejak bulan Februari 2020.
Hasil kerja sama antara PermataBank dan Astra Life melalui jalur e-Bancassurance PermataMobile X ini telah mencatat hasil yang positif, yaitu peningkatan penjualan lebih dari 700 kali lipat pada akhir semester II-2020 dibandingkan saat peluncurannya di semester I-2020 di bulan Februari.
Hal tersebut membuktikan bahwa produk asuransi yang sesuai kebutuhan dengan proses pembelian yang mudah adalah jawaban dari kebutuhan perlindungan jiwa dan kesehatan keluarga Indonesia di masa pandemi ini. (Fitriana Monica Sari)