28 Agustus 2019
12:22 WIB
Editor: Agung Muhammad Fatwa
JAKARTA – Pertumbuhan keuangan syariah yang menggeliat dalam beberapa tahun terakhir ingin dirasakan pula oleh dunia asuransi. Tak ingin ketinggalan memanfaatkan momen, Allianz Life Syariah gencar menyosialisasikan produk asuransi syariahnya ke dalam kampus-kampus.
Allianz Life Syariah sebagai Unit Usaha Syariah dari Asuransi Allianz Life Indonesia pun dalam 2 dekade terakhir, industri keuangan syariah terus berkembang. Industri keuangan syariah juga mengalami pertumbuhan yang pesat di seluruh dunia, baik di negara berpenduduk mayoritas muslim maupun non-muslim.
"Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, secara signifikan memperlihatkan adanya peningkatan akan kebutuhan solusi finansial yang sesuai dengan nilai-nilai syariahtutur Pimpinan Unit Usaha Syariah, Allianz Life Indonesia Yoga Prasetyo di Jakarta, Selasa (27/8).
Apalagi saat ini peluang asuransi syariah masih terbuka sangat lebar. Mengambil data Survei Literasi dan Inklusi Keuangan Nasional yang diterbitkan OJK, tingkat inklusi asuransi syariah pada 2016 baru bertengger di angka 1,92%. Padahal saat ini, ada lebih dari 200 juta penduduk Indonesia yang memeluk agama Islam.
Dari survei tersebut bisa didapati, masyarakat muslim nusantara yang sudah menggunakan asuransi syariah baru sekitar 3,84 juta orang. Masih terbuka pasar untuk sekitar 190 juta umat muslim lainnya yang dapat disasar untuk menggunakan asuransi syariah.
Hal itu pula yang mendasari PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Syariah) rutin dan melakukan sosialisasi dan edukasi produk asuransi syariah. Sosialisasi ini baik dibeirkan kepada mitra bisnis keagenan maupun kepada masyarakat luas.
"Beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin terutama ke kampus-kampus dan membuka akses seluas-luasnya bagi para milenial yang ingin memperdalam pemahaman mengenai asuransi syariah," paparnya.
Salah satu kegiatan sosialisasi yang baru-baru ini dilakukan oleh Allianz Life Syariah adalah menyelenggarakan seminar nasional bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Seminar dengan tema “Mencari Alternatif Baru Strategi Pengembangan Industri Keuangan Syariah Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Global” ini menghadirkan praktisi dan akademisi yang peduli terhadap pengembangan industri keuangan syariah.
“Di tengah arus persaingan global, asuransi syariah harus menjadi ekosistem industri halal. Tren kesadaran halal ini bisa menjadi jembatan untuk meningkatkan kesadaran berasuransi syariah," tambahnya.
Kolaborasi antara pelaku industri dan lembaga pendidikan dipandang dapat melahirkan gagasan-gagasan baru untuk mendukung industri keuangan syariah di Indonesia.
Selain bekerja sama dengan lembaga pendidikan, ada beberapa strategi lain yang dilakukan Allianz Life Syariah, seperti terus melakukan inovasi pada produk-produknya.
Salah satunya, meluncurkan produk Flexi CI Syariah. Produk ini menjadi rider yang memberikan proteksi terhadap risiko hingga 168 kondisi penyakit kritis, serta Fitur Wakaf untuk melengkapi produk Allisya Protection Plus.
Sejak tahun 2018, Allianz Life Syariah juga menginisiasi program #BerlipatnyaBerkah untuk mewujudkan impian 25 sosok yang menginspirasi untuk berangkat ke tanah suci dan melakukan ibadah umroh secara gratis. Strategi lain yakni memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital terutama untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan juga mitra bisnis terkait dengan proses penjualan, administrasi polis, pemeliharaan polis termasuk penanganan klaim.
Strategi Allianz Life Syariah dalam mengembangkan industri keuangan syariah tersebut diganjar dengan penghargaan dari Karim Consulting Indonesia sebagai The Best Islamic Life Insurance in Profitable Investment untuk kelompok perusahaan asuransi jiwa ber-aset di atas Rp1,25 triliun. Allianz Life Syariah juga mendapat penghargaan Asuransi Syariah Terbaik 2019 untuk kategori aset lebih dari Rp1 triliun pada acara Best Syariah 2019 yang diselenggarakan oleh majalah Investor.
Kriteria penilaian penghargaan ini dilihat dari sisi pertumbuhan bisnis, kondisi keuangan, serta manajemen risiko. Tahun ini majalah Investor memberikan penghargaan kepada 18 institusi keuangan syariah terbaik dan 13 produk keuangan syariah terbaik.
Allianz Life Syariah pun menyambut baik penghargaan-penghargaan tersebut sebagai pengingat untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja. "Seluruh strategi yang kami jalankan merupakan bentuk komitmen kami untuk mengembangkan industri keuangan syariah, sambil terus memperluas jangkauan perlindungan asuransi di Indonesia,” tutup Yoga. (Kartika Runiasari)