27 Maret 2020
11:50 WIB
JAKARTA – Halodoc berkolaborasi dengan Blibli untuk menghadirkan layanan “Check Covid-19" di situs dan aplikasi Blibli. Akses ke telemedik (telemedicine) ini memungkinkan pelanggan Blibli untuk melakukan konsultasi kesehatan dan mendapatkan informasi lengkap mengenai covid-19 tanpa harus keluar rumah.
“Kami percaya, kolaborasi ini menjadi langkah tepat untuk mengajak lebih banyak lagi pelanggan setia Blibli melakukan pengecekan risiko covid-19 lebih dini lewat platform Halodoc,” Felicia Kawilarang, VP Marketing Halodoc dalam keterangan tertulis, Kamis (26/3).
Fitur “Cek Kesehatan” tersedia di laman depan aplikasi dan situs Blibli ini akan menghubungkan para pelanggan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter-dokter di Halodoc, mengenai gejala-gejala covid-19. Selain itu, terdapat pula fitur “Kenali Gejala covid-19" yang akan membawa para pelanggan ke informasi medis mengenai penyakit yang disebabkan virus corona jenis baru, SARS-CoV-2, yang telah disiapkan oleh Halodoc.
Konsumen juga dapat berkonsultasi dengan lebih dari 22.000 dokter berlisensi yang ada di ekosistem platform ini. Pembelian obat melalui Halodoc kapanpun dan di manapun.
Felicia juga menekankan bahwa selain sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menyaring masyarakat dengan risiko covid-19 rendah, medium, hingga tinggi, kolaborasi ini juga mempermudah masyarakat dalam menerapkan social distancing. Dengan ini, masyarakat tidak perlu melakukan tatap muka atau keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya terkait dengan kesehatan.
Adanya layanan telemedis atau konsultasi jarak jauh selain meminimalkan penyebaran penyakit, juga membantu para dokter dan tenaga medis untuk lebih fokus menangani pasien covid-19 dengan gejala menengah-parah yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.
Sebab berdasarkan data WHO sekitar 80% pasien covid-19 di dunia hanya mengalami gejala ringan dan bisa sembuh dengan perawatan rumah tanpa perlu dirawat di rumah sakit. Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri di rumah guna mengantisipasi penyebaran wabah covid-19.
Ia mengatakan ketika pandemi mulai menyebar sejak awal tahun lalu, Halodoc terus mengoptimalkan ekosistem teknologinya untuk memfasilitasi antisipasi masyarakat terhadap risiko covid-19 dari hulu ke hilir. Termasuk melalui berbagai kerja sama dengan pemerintah dan pelaku usaha lainnya. Kolaborasi dengan berbagai platform digital, termasuk Blibli, pun dilakukan guna memperluas dampak sosial positif dari layanannya.
Vice President of Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan menambahkan jika para pelanggan membutuhkan tindakan lanjutan, dokter dari Halodoc akan merujuk para pelanggan ke rumah sakit yang tepat. Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses informasi medis lebih lanjut tentang pencegahan covid-19, termasuk dengan social distancing.
“Sebagai platform digital, Blibli bekerja sama dengan Halodoc untuk menyediakan fitur telemedik agar para pelanggan bisa melakukan pemeriksaan tanpa harus ke rumah sakit, dengan demikian mengurangi beban rumah sakit yang kini harus mengerahkan sumber daya pada kasus-kasus menengah hingga parah,” ujar Yolanda.
Kemunculan kasus-kasus terkait virus covid-19 di Indonesia sangat memprihatinkan. Karena itu ia menilai semua pihak harus membantu menekan penyebaran pandemi ini. Sejak Januari lalu, Blibli juga telah melakukan upaya pencegahan penyebaran pandemi covid-19 di lingkungan kerja maupun kepada pelanggan.
Blibli meningkatkan prosedur sanitasi melalui pengiriman tanpa kontak, pemantauan kesehatan karyawan, proses sanitasi seluruh fasilitas kantor dan gudang, serta kebijakan work from home bagi karyawan yang diterapkan sejak pertengahan Maret.
Blibli juga mengupayakan ketersediaan produk dan telah menerapkan pembatasan pembelian produk khususnya untuk produk-produk sensitif terkait situasi saat ini, seperti hand sanitizer, cairan antiseptik, dan juga masker, serta sembako. Hal ini sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia untuk melakukan pembatasan pembelian stok untuk menghindari pihak-pihak yang bertujuan untuk menimbun barang.
Ada pula pemantauan rutin agar tidak ada mitra merchant yang menjual produk dengan harga di atas harga pasaran. Blibli, kata dia, akan melakukan tindakan tegas dengan memberikan peringatan keras dan penangguhan produk bagi merchant yang tetap melanggar sehingga produk yang dijual tidak dapat diakses oleh pelanggan.
Yolanda mengatakan inisiatif yang dilakukan oleh Blibli beserta seluruh mitra strategis ini sesuai dengan komitmen Blibli untuk mengedepankan kepuasan pelanggan di Indonesia. Hal ini agar seluruh pelanggan dapat terus memenuhi kebutuhan dan melindungi kesehatan selama beraktivitas #dirumahaja #KarenaSehatNo1. (Bernadette Aderi)