05 April 2021
09:05 WIB
BANDUNG – Smesco Indonesia secara resmi bersinergi dengan Accor Indonesia untuk mengkurasi produk UMKM unggulan guna memenuhi kebutuhan 30.000 kamar di 140 jaringan hotel dalam naungan Accor.
Penandatanganan MoU antarkedua pihak telah digelar di Bandung dan turut disaksikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata menyebutkan jenis produk UMKM yang akan mengisi jaringan hotel Accor antara lain untuk memenuhi kebutuhan restoran, kamar tidur, kamar mandi, toiletries, amenities, home decor, household, hingga minibar.
"Kebutuhan snack untuk meeting room juga akan diakomodasi produk dari UMKM," jelas Leonard dalam keterangan resmi, Minggu (4/4).
Ia berharap ke depannya produk UMKM juga bisa berperan memenuhi kebutuhan hotel-hotel yang akan dibangun pada sejumlah wilayah strategis, seperti Jawa Timur dan Banten.
Terkait proses kurasi, Leonard berkomitmen akan melakukan sesegera mungkin sehingga ketika pembangunan hotel selesai, produk UMKM sudah dapat digunakan setelah diseleksi oleh Smesco dan Accor.
Ia menegaskan, kerja sama antara Smesco dan Accor juga harus diikuti koordinasi yang matang bersama Dinas Koperasi dan UKM seluruh Indonesia, kemudian disuarakan melalui media sosial. Proses pendaftaran produk, lanjutnya, akan dilakukan secara online.
"Antusiasme pelaku UMKM untuk bergabung sangat bagus dan sudah terdaftar lebih dari 600 pelaku usaha yang pada tahap berikutnya akan dikurasi oleh Smesco dan Accor," kata Leonard.
Memulai sinergi tersebut, Smesco dan Accor akan mengimplementasikannya di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta pada April 2021 dan saat ini telah memasuki proses kurasi.
"Ini menjadi implementasi juga dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di mana Accor menggunakan produk lokal dari UMKM," tegas Leonard.
Senada, Senior Vice President Operations and Government Relation Accor Indonesia dan Malaysia Adi Satria menyebut selain mendukung Gernas BBI, kerja sama antar Accor dan Smesco juga berupaya mengimplementasikan kampanye Bangga Berwisata di Indonesia.
Adi mengatakan bahwa pihaknya yang memiliki 140 jaringan hotel seluruh Indonesia senantiasa mendukung pemberdayaan UMKM, salah satunya dituangkan melalui kerja sama dengan Smesco.
"Bahkan tahun ini, akan kita bangun lima hotel baru, yakni dua di Surabaya, dan satu masing-masing di Jakarta, Malang, dan Mandalika," ungkapnya.
Sinergi antara Smesco Indonesia dan Accor Indonesia turut mendapat sambutan hangat dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Ia menyebut bahwa kolaborasi harus terus dilakukan untuk memperluas jaringan pemasaran UMKM.
Teten menganggap kerja sama antarkeduanya sangat membantu pelaku UMKM karena banyak produk mereka yang akan terhubung dengan jaringan hotel milik Accor Indonesia.
"Bukan sekadar showcase, tetapi juga akan meningkatkan branding dan promosi produk UMKM," imbuh Teten Masduki.
Menkop menjelaskan, semakin banyak produk UMKM yang tampil di hotel berbintang, maka masyarakat juga turut meningkatkan kepercayaannya terhadap kualitas dari produk-produk lokal.
"Misalnya di setiap hotel Accor, ada kedai kopi yang menyajikan kopi khas daerah itu, begitu juga dengan kuliner sehingga akan terasa aura dari diversity of Indonesia," tandasnya. (Yoseph Krishna)