c

Selamat

Senin, 1 Juli 2024

CATATAN VALID

04 November 2021

15:04 WIB

Sebab Burung Terbang Dalam Formasi V

Kawanan burung dan angsa terbang dalam formasi V agar dapat menghemat tenaga selama bermigrasi.

Penulis: Ratna Pratiwi

Editor: Faisal Rachman

Sebab Burung Terbang Dalam Formasi V
Sebab Burung Terbang Dalam Formasi V
Kawanan angsa Kanada (Branta canadensis) terbang dalam formasi V di langit bulan November. Shutterst ock/dok

Pernahkah Anda melihat sekawanan unggas-seperti burung tau angsa-terbang berkelompok, baik untuk sekadar mencari makan atau bermigrasi ke daerah lain? 

Coba Anda cermati, mengapa sebagian besar dari mereka terbang dalam formasi V? Siapa yang mengaturnya? Apakah mereka rajin latihan baris-berbaris?

Tepat, sekalipun hanya mengandalkan naluri, pembentukan formasi ini bukan tanpa sebab. Selain berfungsi untuk saling melindungi dari serangan predator, fungsi lain formasi ini adalah untuk mengurangi risiko tersesat di jalan. Sebab, ketika bermigrasi, kawanan burung atau angsa ini memanfaatkan medan magnetik bumi sebagai petunjuk arah.

Kemudian, terbang dengan formasi V juga membuat gerakan burung dalam kawanan ini menjadi sinergi. Dengan demikian, energi yang dikeluarkan pun lebih efisien sehingga sistem ini sangat baik bagi kawanan yang melakukan perjalanan jauh.

Burung yang berada di posisi paling depan bertugas sebagai pemimpin yang harus bekerja keras “memecah” hambatan udara. Dengan sistem ini, kawanan yang berada di belakang dapat bergerak dengan lebih mudah. 

Uniknya, seperti berpeleton dalam komunitas sepeda roadbike, apabila burung di barisan paling depan lelah, burung di belakangnya akan menggantikan posisinya. Begitu seterusnya, sampai ke tujuan. 

Jika diperhatikan lebih jauh, keunikan tak hanya sampai formasi saja. Nyatanya, burung yang terbang dalam formasi V terbang dalam jumlah genap dan akan membentuk pasangan. 

Setiap pasangan tersebut akan terbang dengan kepakan sayap yang seirama dan saling bertukar posisi. Menariknya, berdasarkan penelitian, waktu pertukaran posisi tersebut selalu tepat waktu.

Nah, posisi terbang dalam formasi V inilah yang kemudian ditiru oleh pasukan pesawat jet tempur. Alasannya pun serupa. Terbang dalam formasi ini, dinilai lebih efisien dan bisa membantu menghemat bahan bakar pesawat.

Referensi:

Gill, Victoria. 2014. Fly like a bird: The V formation finally explained. Diambil dari BBC News: https://www.bbc.com/news/science-environment-25736049

Yong, Ed. 2014. Birds That Fly in a V Formation Use An Amazing Trick. Diambil dari National Geographic: https://www.nationalgeographic.com/science/article/birds-that-fly-in-a-v-formation-use-an-amazing-trick


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar