c

Selamat

Kamis, 2 Mei 2024

CATATAN VALID

31 Desember 2022

15:31 WIB

Lima Film Terlaris Sepanjang Masa

Beberapa film Hollywood berhasil meraup pendapatan fantastis dan bahkan tertinggi di dunia. Berikut ini film-film terlaris di dunia.

Penulis: Kevin Sihotang

Editor: Faisal Rachman

Lima Film Terlaris Sepanjang Masa
Lima Film Terlaris Sepanjang Masa
Aktor Sam Worthington dan Zoe Saldana saat beradu akting dalam film Avatar (2009). Sumber: 20th Century Fox

Sebuah film dapat meraup pendapatan fantastis hingga miliaran Dollar Amerika Serikat, sekaligus menjadi film tak terlupakan bagi banyak para penggemarnya. Banyak faktor yang membuat sebuah film begitu sukses di pasaran, di antaranya alur cerita, teknologi CGI yang digunakan, para aktor yang bermain di dalamnya, hingga soundtracknya sekalipun. 

Film Terlaris Di Dunia

Lalu, film-film apakah yang paling laris di dunia? Berikut ini daftarnya. 

5. Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Infinity War menduduki urutan kelima dalam daftar ini. Film ini memperoleh pendapatan secara global sebesar US$2,05 miliar. Film ini dirilis pada tahun 2018 dengan sederet aktor dan aktris top Hollywood. Sebut saja, Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, dan masih banyak lagi. Sutradara film ini adalah duo bersaudara Anthony Russo dan Joe Russo.

Film ini diawali dengan pencarian yang dilakukan villain utama bernama Thanos atas enam infinity stones, guna mendapatkan kekuatan yang tak terkira. dengan begitu, ia bisa melenyapkan setengah populasi di seluruh planet agar tercapai “keseimbangan” yang diinginkannya. Para anggota Avengers dan The Guardians of the Galaxy pun berupaya untuk menghentikan rencana jahat Thanos.

Baca juga: Top Gun: Maverick” Kalahkan Rekor “Titanic”

4. Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015)

Film ketujuh dalam jagat film Star Wars ini menduduki urutan keempat dalam daftar film terlaris sepanjang masa. Pendapatan secara global yang diraih film ini mencapai US$2,07 miliar. Film ini disutradarai oleh J.J. Abrams dan dibintangi oleh Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac, dan tentunya Harrison Ford. 

Film ini mengisahkan tentang petualangan Rey (Daisy Ridley), Finn (John Boyega), Han Solo (Harrison Ford) dan Chewbacca dalam misi mengantarkan sebuah droid berisi informasi terkait lokasi Jedi Master Luke Skywalker (Mark Hamill) ke Jenderal Leia Organa (Carrie Fisher).  

3. Titanic (1997)

Di urutan ketiga, ada Titanic, film romansa besutan sutradara James Cameron yang dirilis pada tahun 1997. Beberapa bintang Hollywood yang beradu peran di film ini di antaranya Leonardo DiCpario, Kate Winslet, Billy Zane, dan Kathy Bates. Pendapatan film ini mencapai US$2,20 miliar. 

Film ini berhasil memenangkan 11 Piala Oscars untuk beberapa kategori, beberapa di antaranya Best Picture, Best Director, Best Art Direction, Best Cinematography, Best Visual Effects, hingga Best Orginal Song

James Cameron membuat film ini karena terinspirasi dari ditemukannya bangkai kapal Titanic. Kapal yang semula diklaim tak dapat tenggelam itu akhirnya kandas pada April 1912 di Samudera Atlantik. Dalam penyajian cerita film ini, terdapat kisah romantis antara Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet).

Baca juga: “Spider-Man: No Way Home” Duduki Posisi 6 Film Terlaris Sepanjang Masa

2. Avengers: Endgame (2019)

Avengers: Endgame menduduki peringkat kedua dalam daftar film terlaris di dunia. Pendapatannya secara global mencapai US$2,79 miliar. 

Film ini dirilis pada 2019 dengan sederet aktor dan aktris yang kurang lebih sama dengan yang bermain di Infinity War. Juga, Anthony Russo dan Joe Russo kembali mengemban tugas sebagai sutradara di film ini melanjutkan film Avengers: Infinity War (2018). 

Film ini melanjutkan cerita dari Infinity War di mana setelah setengah populasi bumi dan planet-planet lain lenyap pasca “jentikan jari” Thanos. Para Avengers pun mencari Thanos dan berupaya untuk mengembalikan setengah populasi manusia yang hilang itu. Namun ternyata tidak semudah itu, karena di film ini, para Avengers sampai harus menggunakan mesin waktu. 

1. Avatar (2009)

Avatar menjadi film terlaris sepanjang masa dengan total pendapatan global nyaris mencapai US$3 miliar atau lebih tepatnya US$2,92 miliar. Avatar berhasil menggaet tiga Piala Oscar sekaligus, yakni untuk kategori Best Art Direction, Best Visual Effects, dan Best Cinematography.

Film ini dirilis pada tahun 2009 dengan dibintangi oleh aktor Sam Worthington dan aktris cantik Zoe Saldana. Selain itu, juga ada sederet bintang lain seperti Sigoyrney Weaver, Michelle Rodriguez, Laz Alonso, dan Stephen Lang. Sutradaranya adalah James Cameron yang juga menggarap film lain yang ada dalam daftar ini, Titanic (1997).

Avatar menceritakan tentang perjuangan manusia bumi pada tahun 2154 untuk mencari sumber energi baru di Pandora, sebuah bulan di tata surya Alpha Centauri yang dihuni oleh spesies humanoid setinggi tiga meter dan berkulit biru yang disebut suku Na’vi. Oleh karena atmosfer Pandora beracun bagi manusia, digunakanlah teknologi hibrida Na’vi dan manusia yang disebut Avatar. Tapi, dari sinilah semua konflik dalam film ini dimulai. 

Sudahkah Sobat Valid menyaksikan kelima film dengan pendapatan tertinggi di dunia ini?


Referensi:

Box Office Mojo. (2022). Top lifetime gross. Diakses dari: https://www.boxofficemojo.com/chart/top_lifetime_gross/?area=XWW 

USA Today. (2022). Highest grossing movie all time. Diakses dari: https://www.usatoday.com/story/entertainment/movies/2022/10/19/highest-grossing-movie-all-time/8062601001/ 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar