c

Selamat

Kamis, 16 Mei 2024

CATATAN VALID

22 Juli 2021

17:10 WIB

Koran Pertama Di Dunia

Jerman dipercaya sebagai negara yang menerbitkan koran untuk pertama kalinya.

Penulis: Kevin Sihotang

Editor: Faisal Rachman

Koran Pertama Di Dunia
Koran Pertama Di Dunia
Relation aller Furnemmen und gedenckwurdigen Historien, Koran tertua di publikasikan di Eropa. dok.ist

Di zaman yang serba digital ini, keberadaan koran fisik kian tergerus. Satu per satu perusahaan media cetak kini mengalihkan semua produk tulisannya ke dalam bentuk digital. Hanya beberapa saja media-media besar yang sampai kini tetap menerbitkan koran fisik. 

Ya, koran adalah produk jurnalistik yang lekat dengan manusia dan peradaban. Koran pada masa jayanya, sempat menjadi sumber informasi pertama yang dibutuhkan oleh banyak orang. Lantas pernahkah terbesit pertanyaan, koran apa yang pertama kali dibuat oleh manusia? 

Adalah sebuah koran dari Jerman bernama “Relation aller Furnemmen und gedenckwurdigen Historien” atau yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, “account of all distinguished and commermorable stories” yang dipercaya sebagai koran tertua di dunia. Orang-orang menyebut koran itu dengan “The Relation”. 

Predikat koran tertua di dunia diberikan kepada The Relation oleh World Association of Newspapers dan juga para ahli sejarah dan penulis. Meski demikian, beberapa pihak masih sangsi dengan fakta ini, karena mereka menganggap masih ada koran-koran lain di Jerman dan Belanda yang usianya sama tua dengan koran tersebut. 



Kolektor media cetak lawas, Ikin Sodikin alias Kin Sanubary memeriksa lembaran media cetak yang diko leksinya di Subang, Jawa Barat, Rabu (5/5/2021). Kolektor tersebut memiliki lebih dari 3000 media cetak lawas dari 300 perusahaan penerbit dalam negeri dan luar negeri yang terbit sejak tahun 1950. Antara Foto/M Ibnu Chazar  

Apapun itu, koran yang dianggap tertua itu diterbitkan di Kota Strasbourg pada tahun 1605 oleh seorang penulis bernama Johann Carolus,   

Masih di Jerman, pada tahun 1609, Avisa Relation oder Zeitung atau The Avisa menjadi koran periodik pertama yang diterbitkan di dunia. Dalam edisi pertamanya, The Avisa memuat berbagai berita lokal dan internasional. Penerbitnya adalah Lucas Schulte.

Sementara itu, pada tahun 1618, koran dengan ukuran halaman kertas yang lebih besar (seukuran kertas folio) pertama di dunia, terbit di Belanda. Koran itu bernama The Courante. Judul koran tersebut dalam Bahasa Inggris adalah “Current Events From Italy, Germany, etc,” yang mencakup berbagai berita dari Venisia, Cologne, dan Praha. 

Referensi:

Oldest. (2019). Oldest newspapers in the world. Diakses dari: https://www.oldest.org/artliterature/newspapers/ 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar